Waspadai 6 Gejala Penyakit Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi virus. Di Indonesia, penyakit demam berdarah disebabkan oleh dua virus, yakni virus dengue dan virus chikungunya. Akan tetapi dari kedua jenis virus tersebut, virus dengue yang paling banyak menyebabkan penyakit demam berdarah dan berperan paling penting.

Penyakit demam berdarah ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti, yang mana secara langsung menyerang sistem pembekuan darah, untuk lebih jelasnya dapat dilihat dan dipantau pada saat kadar trombosit darah menurun dengan cukup signifikan.

Selain dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti, demam berdarah pun bisa dibawa oleh nyamuk Aedes albopictus, yang mana akan menularkan penyakit demam berdarah dari lingkungan luar rumah maupun lingkungan luar sekolah. Penyakit demam berdarah bisa menyerang siapa saja, dalam semua kelompok usia, namun mereka yang berisiko paling tinggi adalah mereka yang berusia 4-10 tahun dengan sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa.

gejala penyakit demam berdarah, gejala dini demam berdarah, gejala awal dbd, pencegahan penyakit demam berdarah, tanda penyakit demam berdarah, gejala penyakit demam berdarah pada bayi, gejala penyakit demam berdarah pada anak, gejala penyakit demam berdarah dan pengobatannya, gejala penyakit tipes

Nyamuk demam berdarah bisa berkembang biak dengan cepat di tempat-tempat yang lembab, bau dan kotor, dan biasanya akan menggigit dan menularkan penyakit disaat pagi dan siang hari. Berikut ini beberapa gejala penyakit demam berdarah:

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Demam tinggi

Gejala utama dari penyakit demam berdarah adalah demam tinggi. Penderita akan demam hingga mencapai 38,5-40°C, demam ini terjadi selama 3 hari berturut-turut, mereka yang tidak tahu, akan menganggap jika ini merupakan demam biasa yang terjadi karena perubahan musim atau gejala flu, setelah hari ketiga, yakni pada hari keempat hingga hari kelima, demam sudah turun setelah pemberian obat penurunan demam dan dihari keenam adalah masa penyembuhan. Namun, apabila demam tinggi dan tidak juga berhenti setelah dikompres, maka periksakan diri ke rumah sakit.

Nyeri pada perut

Gejala penyakit demam berdarah yang bisa dialami oleh para pasien positif demam berdarah adalah rasa nyeri yang mengganggu di perut. Nyeri pada perut ini terjadi sejak hari pertama hingga hari-hari berikutnya tergantung dengan kondisi tubuh pasien dalam menyerap obat. Disaat rasa nyeri sudah benar-benar menyiksa dan tidak tertahankan, alangkah baiknya jika Anda berobat ke dokter untuk mengetahui dengan benar apa sakit yang Anda alami.

Lesu dan bintik merah

Salah satu gejala penyakit demam berdarah yang pasti dialami oleh pasien demam berdarah adalah lesu dan munculnya bintik kemerahan dihampir seluruh badan. Pada hari 1-3, Anda akan merasakan lesu yang disertai dengan hilangnya nafsu makan serta bintik merah, apabila setelah hari ketiga, Anda masih lesu juga meskipun nafsu makan sudah kembali membaik dan istirahat sudah cukup, maka alangkah baiknya jika Anda segera memeriksakan diri Anda ke rumah sakit terdekat, lebih baik lagi lakukan pemeriksaan bila ditemukan gejala lainnya.

Sakit kepala dan badan pegal-pegal

Keduanya bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, pada siapa saja. Reaksi sakit pada kepala biasa terjadi karena berbagai faktor, entah karena tubuh dan pikiran yang lelah, stres, kurang beristirahat dan terlalu banyak bekerja. Sedangkan badan pegal-pegal biasanya terjadi disaat seseorang telah melakukan kegiatan berat yang sangat melelahkan, entah itu yang berhubungan dengan pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah tangga, namun disaat rasa sakit pada kepala dan badan pegal-pegal muncul secara bersamaan dengan gejala-gejala penyakit demam berdarah sebelumnya, maka sudah hampir 100% jika Anda mengalami penyakit demam berdarah, untuk lebih akurat, silahkan periksakan diri Anda ke rumah sakit.

Mual dan muntah

Gejala penyakit demam berdarah, umumnya adalah demam dan bintik merah, namun tidak sedikit pasien demam berdarah yang kerapkali mual dan muntah-muntah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *