Seputar Penyakit Sinusitis dan Pengobatannya

Sebelum memahami dengan baik apa itu penyakit sinusitis dan pengobatannya, alangkah baiknya jika Anda memahami dahulu apa yang dimaksud dengan sinusitis. Sinusitis merupakan peradangan/pembengkakan yang terjadi di lapisan yang mana melapisi sinus. Pada umumnya sinus berisi udara, namun karena adanya sumbatan dan sinus berisi cairan maupun kuman yang berkembang dengan baik sehingga mengakibatkan sinus terinfeksi. Dalam beberapa kasus, sinusitis bisa didiagnosa hanya dengan melihat catatan medis/riwayat keluhan pasien yang telah dilakukan oleh dokter. Ada dua pemeriksaan yang harus dilalui, diantaranya adalah:

Penyakit Sinusitis dan Pengobatannya

penyakit-sinusitis-dan-pengobatannya

1. Pemeriksaan fisik. Disaat Anda melakukan pemeriksaan fisik, akan ditemukan adanya kemerahan atau pembengkakan di rongga hidung, pembengkakan didekat mata serta dahi, dan tektur ingus yang menyerupai nanah. Rhinoskopi merupakan sebuah cara yang harus dilakukan untuk melihat secara langsung rongga hidung, hal ini harus dilakukan untuk melihat lokasi dimana sumbatan ostia berada dan terkadang dibutuhkan penyedotan cairan sinus yang berfungsi untuk memeriksa kuman yang mana baik untuk menentukan infeksi apakah yang terjadi.

2. Pemeriksaan dengan CT Scan dan MRI adalah pemeriksaan yang menggunakan CT Scan serta MRI yang mana berfungsi disaat sinusitis gagal dan tidak bisa disembuhkan dengan melakukan pengobatan awal.

Penyakit sinusitis dan pengobatannya akan segera diberikan setelah dokter berpikir perlu melakukannya. Namun sebelum itu semua, tahukah Anda apa saja gejala dari penyakit sinusitis? Lebih lengkapnya bisa Anda simak di bawah ini:

Aroma nafas yang tidak sedap

Penyakit sinusitis akan membuat penderitanya memiliki aroma nafas yang tidak sedap. Aroma nafas tidak sedap memang bisa diartikan sebagai gejala penyakit biasa atau bahkan bukanlah suatu penyakit, namun bila bau mulut tidak bisa diatasi setelah Anda berusaha melakukan pengobatan untuk mengatasi bau mulut, maka periksakanlah keluhan ini pada dokter.

Sakit kepala

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, namun ternyata sakit kepala juga merupakan gejala penyakit sinusitis. Yang Anda perlukan adalah memahami dengan baik apa yang menyebabkan Anda mengalami sakit kepala, namun bila tidak ditemukan, akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat dan melakukan beberapa pemeriksaan.

Hidung yang tersumbat

Penyakit sinusitis dan pengobatannya terjadi setelah Anda mengalami beberapa gejala penyakit sinusitis, salah satunya adalah hidung yang tersumbat. Gejala ini bisa terjadi pada siapa saja dan disebabkan oleh apa saja, namun ternyata hidung yang tersumbat juga bisa disebabkan oleh penyakit sinusitis.

Batuk yang memburuk disaat malam hari

Batuk harusnya bisa disembuhkan setelah Anda mengkonsumsi obat batuk, beristirahat secukupnya dan mengkonsumsi menu makanan yang sehat, lantas bagaimana jika batuk tersebut tidak kunjung sembuh dan akan selalu memburuk disaat malam hari. Bila Anda mengalami gejala ini, segera periksakan diri ke dokter.

Demam

Gejala lain yang datang dari penyakit sinusitis adalah demam. Pada dasarnya demam bisa terjadi disaat daya tahan tubuh seseorang sedang menurun yang mana berusaha untuk melindungi dirinya dengan melawan penyakit. Demam bisa menjadi gejala penyakit apa pun, namun yang paling baik adalah jika Anda mencoba untuk memerikasakan diri pada dokter, terlebih disaat demam tidak kunjung sembuh.

Penyakit sinusitis dan pengobatannya harus dipelajari dengan sebaik-baiknya, karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Karena tidak ada hal yang lebih baik selain mencegah ketimbang mengobati penyakit sinusitis itu sendiri, cobalah untuk belajar mencintai diri Anda dengan menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *