Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Disaat hamil terjadi banyak perubahan pada tubuh wanita, perubahan fisik seringkali membuat ibu hamil merasa tidak nyaman ketika berbaring untuk tidur. Ibu hamil tidak bisa bergerak secara leluasa karena terganjal oleh perutnya yang besar, selain itu ada beberapa posisi tidur yang tidak diperuntukkan untuk ibu hamil.

Salah memilih posisi tidur akan membahayakan kondisi janin dan ibu hamil. Tahukah Anda, apa posisi tidur untuk ibu hamil yang paling tepat?. Simaklah beberapa posisi tidur paling baik untuk ibu hamil di bawah ini yang dilansir dari boldsky:

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

posisi-tidur-untuk-ibu-hamil

Tidur miring ke arah kiri

Kebanyakan ahli medis menyetujui jika tidur miring ke arah kiri merupakan posisi tidur terbaik bagi ibu hamil. Posisi tidur ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke bayi, sehingga bayi merasa nyaman dan dapat tidur tenang di dalam kandungan. Posisi tidur ini dianjurkan, khususnya bagi ibu hamil yang memiliki keluhan sakit pada perutnya.

Tidur miring ke arah kiri juga dapat membantu ginjal untuk menghilangkan racun di dalam tubuh dengan lebih cepat. Maka dari itu, Anda dapat mencoba posisi tidur ini selama masa kehamilan, asalkan Anda tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan diizinkan oleh dokter Anda.

Pengaruh posisi tidur harus diperhatikan dengan baik oleh ibu hamil, selain baik untuk kenyamanan ibu hamil, posisi tidur yang tepat juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan janin dindalam kandungan. Posisi tidur yang baik akan membantu Anda tidur lebih nyaman sehingga tidak mengalami gangguan suit tidur, tidur nyenyak baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, Anda jadi tidak mudah mengeluh sakit dan dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.

Tidur bersandar

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil haruslah membuat ibu hamil merasa aman dan nyaman. Pengaruh hormon yang tinggi, membuat beberapa ibu hamil mengalami aktivitas tidur yang jauh lebih banyak dari biasanya, ibu hamil menjadi mudah mengantuk dan jatuh tertidur, kebiasaan ini normal terjadi namun harus diimbangi dengan menjaga kesehatan tubuh dan asupan makanan yang sehat, posisi tidur pun harus ikut diperhatikan.

Tidur bersandar pada tumpuan tempat tidur bisa menjadi posisi tidur yang cukup baik. Cukup menaruh beberapa bantal sebagai ganjalan sehingga tubuh dapat bersandar dengan nyaman di tumpuan tempat tidur. Posisi ini juga baik untuk membaca buku atau melakukan aktivitas rumahan yang tidak melelahkan.

Tidur telentang

Bisa dibilang tidur telentang merupakan posisi tidur teraman untuk ibu hamil karena posisi perut yang berada di depan tidak terganjal dengan apa pun. Sayangnya, posisi tidur ini tidak disarankan untuk dilakukan disaat Anda hamil besar karena dapat memengaruhi kesehatan tulang punggung.

Perut yang besar dengan beban yang berat dapat menekan tulang punggung sehingga tulang punggung Anda akan mengalami gangguan kesehatan yang mana mengakibatkan rasa sakit yang cukup menyiksa di punggung. Hindari tidur telentang disaat Anda memasuki kehamilan trimester ketiga, karena pada saat ini bayi lebih banyak bergerak ke atas yang mana dapat menekan diafragma Anda sehingga Anda mengalami gangguan pernapasan.

Posisi tidur telentang hanya aman diaplikasikan disaat ibu hamil memasuki kehamilan trimester pertama. Jangan tidur menelungkup karena dapat menekan perut sehingga janin yang masih kecil dapat ikut mengalami tekanan dari luar.

Posisi tidur untuk ibu hamil harus diperhatikan sejak awal, sejak Anda diberitahukan oleh dokter kandungan atau alat tes kehamilan jika Anda positif mengandung, posisi tidur berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang bayi, buatlah diri Anda serta janin di dalam kandungan Anda terasa aman dan juga nyaman dengan posisi tidur terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *