Penyebab, Gejala, Ciri-Ciri, Obat Kanker Ovarium

Ada beberapa jenis penyakit yang menyerang sistem reproduksi wanita, baik dari penyakit paling ringan sampai penyakit yang paling ganas dan mematikan yang begitu sulit untuk diobati. Salah satu penyakit reproduksi wanita adalah penyakit kanker ovarium.

Kanker ini akan menyerang dan tumbuh subur di bagian dari sistem reproduksi seorang wanita yang mana kerapkali disebut dengan ovarium atau lebih sederhananya adalah indung telur. Penyakit kanker indung telur ini termasuk yang paling berbahaya karena fungsi indung telur sebagai tempat di mana ada sel telur maupun progesteron dan estrogen yang telah dihasilkan.

Sel kanker yang ada di dalam indung telur dapat menyerang sel telur yang mana saja yang ada di dalam indung telur wanita, khususnya bagian sel telur yang tepat berada di permukaan ovarium.

Gejala , Penyebab , Ciri-Ciri Penyakit Kanker Ovarium

gejala-penyebab-ciri-ciri-kanker-ovarium

Pada awalnya kanker indung telur ini tidak menunjukkan suatu gejala yang meyakinkan. Gejala kanker ovarium yang biasa muncul hanya sekedar sembelit maupun diare atau lebih sederhana, Anda hanya merasa lelah saja.

Rasa nyeri yang biasa ditimbulkan dari penyakit ini dirasakan pada area di sekitar perut, punggung, pelvis serta kaki. Fakta yang mengejutkan mengatakan jika telah tercatat kurang lebih sebanyak 22.000 wanita di Amerika yang didiagnosa telah terkena penyakit ini. Simak beberapa gejala dari kanker indung telur di bawah ini, bermanfaat untuk menjaga diri Anda dari risiko terkena penyakit berbahaya:

– Adanya pembengkakan di daerah abdominal atau perut ini membuat perut Anda terlihat membuncit selayaknya wanita yang sedang hamil muda. Kondisi ini patut dicurigai, terlebih jika Anda memiliki porsi makan yang kecil, artinya perut tidak membuncit karena kelebihan lemak. Sayang sekali karena penyebab kanker ovarium belum ditemukan secara pasti, namun ada beberapa faktor pendukung pertumbuhan sel kanker di indung telur, antara lain adalah karena usia, konsumsi obat penyubur kehamilan, faktor genetika, obesitas, dan sejarah reproduksi.

– Merasakan nyeri di sekitar perut, punggung maupun pelvis merupakan gejala lain dari penyakit ini. Nyeri pada perut mungkin biasa Anda alami disaat datang bulan, namun akan menjadi tidak tepat, jika rasa nyeri yang Anda alami terjadi secara berkelanjutan disaat datang bulan telah usai dan rasanya jauh lebih nyeri dibandingkan dengan nyeri datang bulan.

– Ada pendarahan. Pendarahan yang terjadi berkelanjutan setelah datang bulan selesai patut untuk Anda waspada. Segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan disaat Anda merasakan gejala ini.

– Diare atau bisa jadi sembelit karena gangguan pencernaan merupakan ciri-ciri kanker ovarium yang bisa dikaitkan dengan berbagai komplikasi kesehatan lainnya. Untuk diagnosa paling tepat, Anda harus memeriksakan diri Anda ke dokter. Lakukan pemeriksaan secara bertahap untuk meminimalisir jumlah pasien yang menderita kanker indung telur.

– Mudah merasa kenyang agak sedikit mengherankan, terlebih bila awalnya Anda termasuk orang yang hobi makan. Mudah merasa kenyang bahkan ketika mengkonsumsi makanan favorit patut dicurigai, karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki nafsu dan mudah terkena godaan, apalagi jika itu berhubungan dengan makanan lezat.

Obat Penyakit Kanker Ovarium

Obat kanker ovarium yang paling mujarab adalah menjaga pola makan dan selalu berpegang pada gaya hidup sehat. Sebagai wanita cerdas, Anda harus bisa menjaga diri dan kesehatan tubuh Anda.

Karena kanker ovarium sangat berbahaya dan dapat mengurangi usia hidup seorang wanita, maka diperlukan berbagai tindakan pencegahan dan lebih sadar diri akan kebiasaan hidup, berubahlah menjadi individu yang lebih sehat.

Comments
  1. mahafanhi
  2. Nanda
  3. Indahwati
  4. rahmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *