Penyebab, Gejala, Ciri-Ciri dan Obat Kanker Tulang

Kanker tulang lebih banyak menyerang kesehatan tulang anak-anak. Kanker ini termasuk pada jenis kanker yang agresif dan aktif dalam menyerang kesehatan tulang hingga ke akarnya yang berakhir dengan tindakan amputasi.

Namun demikian, banyak orang yang tidak tahu dan menganggap jika gejala kanker ini hanyalah infeksi biasa. Nama lain dari kanker ini adalah Osteosarkoma, merupakan tumor tulang yang bersifat sangat agresif tidak tanggung-tanggung ketika menggerogoti tulang.

Kanker ini bisa diidap oleh siapa saja dalam rentang usia tak tentu, namun kasus Osterosarkoma paling banyak ditemukan pada seseorang yang berusia 10-20 tahun. Beberapa literatur menunjukkan jika Osteosarko merupakan jenis penyakit kanker ketiga yang paling sering menyerang tubuh anak-anak.

Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Tulang

penyebab-gejala-ciri-ciri-obat-kanker-tulang

Gejala kanker tulang yang dikatakan oleh dr Punto, biasanya ditandai dengan rasa nyeri terhadap anggota gerak.

Pada mulanya, rasa nyeri itu hanya timbul disaat seseorang secara aktif melakukan berbagai aktivitas, akan tetapi seiring perkembangan sel kanker yang semakin pesat dan tidak diberikan pengobatan apa pun, rasa nyeri yang dirasakan jauh lebih intens dan menyakitkan sehingga dapat mengganggu waktu istirahat dan jam tidur seseorang.

Terkadang kanker ini menyebabkan pasiennya berjalan dengan pincang bahkan timbul pembengkakan yang semakin lama semakin parah.

Dibutuhkan perhatian yang lebih serius jika Anda menemukan beberapa ciri-ciri kanker tulang, seperti yang disebutkan di bawah ini:

1. Rasa nyeri merupakan gejala utama dari penyakit kanker ini, khususnya yang menyerang tulang belakang. Rasa nyeri akan dirasakan lebih intens di bagian punggung dan leher. Rasa nyeri membuat seseorang tidak nyaman, terutama ketika akan berbaring atau menyenderkan tubuh.

2. Kelemahan disebabkan karena gangguan yang terjadi pada impuls dari tulang belakang, jika kanker sampai menyebabkan peradangan yang cukup besar di belakang otak, tubuh bisa kehilangan fungsi sehingga tidak mudah untuk menggerakkan tubuh, berjalan, memegang dan membawa sesuatu pun terasa begitu sulit.

3. Kepekaan berkurang bisa terjadi karena adanya peradangan yang membuat seseorang kehilangan sensasi untuk merasakan sesuatu, seperti merasakan rasa panas dan dingin.

4. Kelumpuhan akan terjadi disaat kanker sudah menyebar luas dan tidak mendapatkan pengobatan apa pun.

Penyebab Kanker Tulang

Orang tua maupun dokter harus lebih waspada disaat anak mengalami patah tulang maupun fraktur tanpa sebab pasti. Masih menurut dr Punto, perlu sekali dicurigai jika seorang anak secara tiba-tiba terjatuh dari sepedanya dan mengalami patah tulang padahal laju sepedanya tidak kencang, patut dicurigai karena bisa jadi ini disebabkan karena infeksi atau kanker.

Penyebab kanker tulang harus diperhatikan dengan baik karena ada beberapa sebab yang juga patut dipertimbangkan, seperti cacat bawaan, infeksi atau inflamasi, trauma karena kecelakaan atau kanker.

Obat Kanker Tulang

Mengingat agresif dan ganasnya penyakit ini, dr Punto menyarankan agar para praktisi medis jauh lebih mewaspadai akan gejala yang ada. Penemuan penyakit secepat mungkin dapat meningkatkan peluang pasien kanker untuk bertahan hidup dan imbangi dengan konsumsi obat kanker tulang. Meskipun begitu, risiko amputasi masih tetap ada dan menghantui pasien.

Kanker tulang harus diwaspadai dan ditemukan sejak awal, sebisa mungkin lakukan check up secara menyeluruh untuk menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan serta berbagai makanan lainnya yang kaya akan kalsium untuk mengurangu risiko Anda terkena penyakit kanker yang sangat agresif dan berpotensi membuat Anda mengalami amputansi. Lakukan berbagai tindakan pencegahan sedini mungkin untuk hasil optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *