Pengertian Mengenai Penyakit Tonsilitis (Radang Amandel)

Pengertian Mengenai Penyakit Tonsilitis (Radang Amandel) – Radang amandel itulah nama lain atau arti dari tonsillitis atau pengertian tonsilitis. Tonsilitis sendiri adalah sebuah penyakit atau infeksi yang menyerang pada amandel yang terkadang mengakibatkan juga sakit tenggorokan dan demam. Amandel atau Tonsil adalah sepasang kelenjar yang terletak pada tenggorokan tepatya di samping agak belakang. Yang mana fungsi dari amandel sendiri adalah untuk membantu tubuh memerangi infeksi. Pada umumnya masyarakat Indonesia jarang sekali yang mengenal istilah tonsilitis. Mereka lebih mengenalnya dengan sebutan ” amandel “. Penyakit ini sering kali timbul pada anak-anak. Penyakit ini di sebabkan oleh kuman Streptococcus.

Pengertian tonsilitis

Sumber: Google Image

Pada umumnya Tonsilitis yang lebih cendrung akibat virus memiliki tanda-tanda lain seperti demam, pilek, sakit mata (pedih dan berair pada mata) dan batuk. Tanda-tanda tonsilitis yang umum adalah sakit tenggorokan, demam, dan kesulitan menelan. Tonsilitis yang disebabkan oleh virus dan tonsilitis yang disebabkan oleh bakteri memiliki tanda-tanda yang sangat mirip. Anak-anak mungkin perlu parasetamol untuk menghilangkan rasa sakit pada Amandel yang meradang. Berikan makanan lunak seperti karamel dan jeli dan minuman tambahan. Anak-anak ketika menderita penyakit tonsillitis umumnya akan susah makan dan anda tidak perlu khawatir karena senaiknya anda memberika anak anda sebuah vitamin sampai anak anda benar-benar sembuh dari penyakit ini (Tonsilitis).
Tonsilitis akut disebabkan oleh bakteri dan virus dan akan disertai dengan gejala sakit telinga saat menelan, bau mulut, dan air liur bersama dengan radang tenggorokan dan demam. Dalam hal ini, permukaan tonsil mungkin merah cerah atau memiliki lapisan putih keabu-abuan, sedangkan kelenjar getah bening di leher akan membengkak.
Adapun beberapa gejala tosilitis pada umumnya adalah sebagai berikut ini:
Merah dan / atau bengkak amandel, otalgia , hidung mampet , putih atau kuning tubuh terasa sakit, patch pada amandel, tender, kaku, dan / atau leher bengkak, sakit tenggorokan, sulit menelan makanan, batuk, sakit kepala, sakit mata dan juga demam panas dingin.
Artikel ini kami buat melalui sumber:
©Department of Health, South Australia ‘Streptococcal sore throat’ http://www.dh.sa.gov.au/pehs/ygw/streptococcal-pehs-sahealth-2009.pdf
©Campbell LR, ‘Pharyngitis, tonsilitis (Group A Streptococcus) and scarlet fever’ in Garkunkel L C, Kaczorowski S and Christy C, Pediatric Clinical Advisor’, Mosby 2007.

©Wikipedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Radang_amandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *