Pengertian , Gejala, Pencegahan dan Ciri-Ciri Kanker Kulit

Kanker kulit adalah kanker yang terjadi di permukaan kulit dan bisa menyerang siapa pun, tanpa pengecualian. Kanker kulit semakin membahayakan dan mengancam kesehatan manusia hingga saat ini bahkan kasus kanker kulit yang ditemukan sudah mencapai dua juta orang setiap tahunnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, kasus kanker kulit (melanoma) saat ini terus mengalami peningkatan, khususnya diantara wanita berusia 40 tahun ke bawah. Wanita berusia 40 tahun ke bawah, berisiko 8x lebih besar untuk terkena kanker kulit. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman akan ciri ciri kanker kulit disertai bagaimana cara mencegahnya.

ciri-ciri-kanker-kulit

Gejala Kanker Kulit

Noda yang dengan tiba-tiba muncul di permukaan kulit wajah berpotensi tinggi sebagai gejala kanker kulit. Maka dari itu, sangat dibutuhkan pemahaman mengenai tanda kanker kulit sebagai bentuk pencegahan. Kenali beberapa tanda dari kanker kulit di bawah ini:

Asymmetry

Disaat Anda menemukan adanya noda yang timbul di permukaan kulit asimetris atau miring serta bentuknya tidak beraturan, Anda patut mencurigainya karena adanya noda hitam tersebut kemungkinan besar adalah indikator dari tanda kanker kulit.

Border

Perhatikan noda yang muncul tiba-tiba tersebut secara lebih seksama, apabila noda yang timbul bentuknya tidaj teratur atau memiliki batas, maka bisa jadi tanda itu merupakan gejala awal dari penyakit kanker kulit. Periksa kondisi kesehatan kulit Anda pada dokter kulit sebagai bentuk pencegahan.

Color

Noda yang timbul karena pengaruh pigmentasi akan memiliki ciri khas warna yang merata, akan tetapi bila Anda menemukan warna itu tidak merata seperti biasanya, Anda harus segera memeriksakan kesehatan kulit Anda ke rumah sakit.

Diameter

Disaat noda yang timbul memiliki ukuran lebih besar dari 4 hingga 6mm, segera periksa ke dokter, jangan menunggu terlalu lama karena bisa saja itu adalah gejala positif jika Anda terkena penyakit kanker kulit.

Evolving

Coba perhatikan kembali noda yang timbul di permukaan kulit Anda, lihat dengan seksama dan pastikan dengan cermat, adakah pertumbuhan atau perkembangan yang terjadi? Jika ada, kemungkinan besar itu merupakan gejala Anda positif terkena kanker kulit.

Pengertian Kanker Kulit

Sebelum berkembang lebih serius dan lebih parah, Anda harus ekstra waspada dan curiga disaat Anda menemukan gejala dari pertumbuhan kanker kulit yang mana telah dijelaskan sebelumnya. Secara umum, pengertian kanker kulit tidak begitu diketahui oleh masyarakat, kemungkinan besar masyarakat hanya menghubungkan antara paparan sinar matahari dengan kondisi kesehatan kulit.

Pencegahan Kanker Kulit

Minimnya pengetahuan masyarakat akan pengaruh kanker kulit pada kesehatan tubuh membuat masyarakat cenderung tidak acuh, contohnya masih banyak orang yang tidak menggunakan tabir surya disaat mereka bepergian, padahal memakai tabir surya adalah bentuk pencegahan kanker kulit yang harus dilakukan oleh semua orang. Selain mencegah kanker kulit, pemakaian tabir surya dengan kandungan spf 15 atau lebih akan membuat kulit selalu lembab dan lembut.

Ciri ciri kanker kulit bisa dipelajari dan dipahami dengan cepat, Anda hanya perlu mewaspadai ketika ada noda yang tiba-tiba timbul di permukaan kulit, amati dengan baik bentuk dan perkembangannya. Cobalah untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

Pastikan untuk selalu memakai sunblock ketika akan berjemur, terlebih jika kulit Anda sensitif akan paparan sinar matahari. Dengan menjaga kesehatan kulit, artinya Anda rutin membersihkan tubuh minimal 2x setiap harinya, lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat dan makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *