Pengertian, Deteksi Dini dan Cara Mencegah Kanker Serviks

Mengenal dan mendeteksi dini gejala awal dari kanker serviks amat sangat disarankan oleh para dokter sehingga kanker serviks dapat ditangani dengan segera. Wanita pun harus mengetahui beberapa cara mencegah kanker serviks, seperti di bawah ini:

1. Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, khususnya makanan yang baik untuk menjaga kesehatan organ rerpoduksi

2. Tidak melakukan seks bebas, diperlukan komitmen yang kuat agar dapat keluar dari kebiasaan hidup modern yang menjerumuskan ini

3. Tidak mencoba melakukan hubungan intim diusia terlalu muda

4. Tidak memicu pertumbuhan kanker dengan menjauhi minuman beralkohol, merokok dan lebih banyaklah berolahraga

5. Dan yang terpenting adalah rutin memeriksakan kesehatan tubuh secara berkala

Pengertian dan Deteksi Dini Kanker Serviks

pengertian-deteksi-dini-cara-mencegah-kanker-serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker yang tumbuh, berkembang dan menyerang serviks atau leher rahim. Kanker serviks disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus). HPV sendiri memiliki beberapa jenis yang mana dapat menyebabkan seorang wanita positif mengidap kanker serviks, diantaranya ada Human Papilloma Virus 16, HPV 18, HPV 31, HPV 33 serta HPV 45.

Selain disebabkan oleh HPV, kanker serviks juga disebabkan karena beragam faktor eksternal, diantaranya seringkali berhubungan intim disaat berusia terlalu muda, berganti pasangan dan melakukan hubungan tanpa mengenakan pengaman, sayangnya kanker serviks juga bisa disebabkan karena seorang ibu mengkonsumsi obat pencegah kehamilan disaat tengah mengandung (Diethylstilbestrol) bayi perempuan yang mana akan membuat bayi perempuan itu berisiko besar mengidap kanker serviks.

Pengertian kanker serviks yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan definisi universal dari kanker serviks yang seharusnya memang diketahui oleh para wanita. Pentingnya memahami mengenai kanker serviks dan apa saja faktor penyebabnya akan membuat para wanita lebih mawas diri akan kesehatan tubuhnya, khususnya kesehatan organ reproduksi.

Deteksi dini kanker serviks harus dilakukan secara berkala dan tidak bisa dilakukan hanya sekali saja karena bisa jadi pertumbuhan sel kanker terjadi beberapa waktu pasca Anda melakukan tes kesehatan di rumah sakit. Meskipun biaya untuk tes kesehatan secara berkala membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun rasanya pantas jika harus dibayar dengan memiliki tubuh sehat hingga melewati masa aktif dan memasuki masa tua nanti.

Obat Tradisional Kanker Serviks

Obat tradisional kanker serviks cukup mudah didapatkan dan harganya pun tidaklah mahal. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang diolah dari wortel. Wortel memiliki kandungan beta karoten yang mana baik dan mencegah pertumbuhan dan perkembangan dari kanker serviks.

Selain wortel, Anda bisa mengkonsumsi cabai maupun jalapeno untuk menetralisir nitrosamine yang menjadi penyebab dari kanker serviks. Banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan polifenol serta flavonoid juga baik untuk mencegah pertumbuhan kanker serviks sejak dini.

Makanan yang kaya akan vitamin B serta memiliki kandungan asam folat tinggi juga akan baik untuk dikonsumsi secara teratur oleh para wanita, terutama bagi wanita yang berisiko tinggi mengidap kanker serviks karena adanya silsilah keluarga sebelumnya yang telah mengidap penyakit kanker serviks serius.

Cara mencegah kanker serviks dapat dilakukan melaui beberapa cara seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Karena mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Tindakan pencegahan yang paling mudah dan bisa dilakukan di rumah kapan saja adalah dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang baik untuk mencegah pertumbuhan serta perkembangan sel kanker yang menyerang organ reproduksi wanita. Jaga selalu kesehatan organ reproduksi Anda dengan senantiasa selalu menjaga diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *