Pencegahan, Gejala Awal dan Tanda Tanda Kanker Serviks

Apa pun jenis penyakit kanker, yang paling utama harus dilakukan oleh seseorang adalah segera menyadarinya, hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar penyebaran pertumbuhan penyakit kanker tidak terjadi semakin pesat yang tentunya akan membahayakan kesehatan penderitanya.

Pentingnya kesadaran sejak awal mengenai pertumbuhan kanker akan memudahkan dokter untuk menangani sedini mungkin sekaligus menghindari resiko penyakitnya. Kanker serviks masih menghantui dan mengancam seluruh wanita di dunia, karena semua wanita berisiko cukup besar untuk terkena penyakit ini.

Pencegahan, Gejala Awal dan Tanda Tanda Kanker Serviks

tanda-tanda-kanker-serviks

Walaupun 20 tahun pelaksanaan program pendeteksian sejak dini akan kanker serviks telah membuahkan hasil yang baik dan berhasil menurunkan angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks, sayangnya masih banyak wanita yang merasa enggan untuk memeriksakan dirinya atau mencocokkan tanda tanda kanker serviks dengan kondisi tubuhnya. Berikut ini beberapa tanda yang akan ditunjukkan ketika seseorang terkena penyakit kanker serviks:

Pendarahan Tidak Normal Pada Area Kewanitaan

Pendarahan ini bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika Anda sedang tidak menstuasi. Pendarahan juga akan terjadi secara tidak normal ketika Anda sedang berhubungan bahkan pendarahan keluar disaat Anda telah memasuki masa menopause (hal yang tentunya tidak normal). Pendarahan yang keluar akan disertai dengan rasa sakit yang terasa lebih menyakitkan jika dibandingkan dengan keluar darah disaat menstruasi.

Keputihan tidak normal dengan bau tidak sedap

Kondisi selanjutnya yang akan terjadi pada mereka yang telah mengidap penyakit kanker darah adalah keputihan abnormal yang mana mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Keputihan memang masalah universal yang dialami oleh beberapa wanita, namun jika Anda bisa menjaga kebersihan organ reproduksi maka keputihan tidak akan terjadi.

Keputihan yang terjadi terus menerus merupakan ciri ada pertumbuhan kanker serviks pada jaringan tubuh Anda. Sebelum Anda terlambat dan mau tidak mau mengambil pengobatan kanker serviks sebaiknya Anda segera periksakan kesehatan organ reproduksi pada dokter kandungan.

Sakit panggul serta sakit punggung

Kedua hal ini merupakan gejala penyakit umum yang mungkin akan dialami oleh semua orang yang berusia lanjut, lantas bagaimana jika Anda yang masih remaja juga mengalaminya? sakit panggul serta sakit punggung bisa disebabkan karena banyak faktor eksternal, namun jangan salah memprediksinya karena bisa jadi sakit panggul dan sakit punggung yang seringkali Anda alami berhubungan erat dengan kesehatan organ reproduksi Anda.

Sekiranya diperlukan tindakan pencegahan kanker serviks sejak dini yang mana bisa dilakukan dengan rutin melakukan tes kesehatan. Tes sejak dini akan meminimalisir risiko buruk yang akan ditimbulkan dari penyebaran sel kanker serviks.

Kehilangan banyak bobot tubuh

Gejala awal kanker serviks tidak bisa dilihat dengan mudah, karena sama saja dengan jenis penyakit kanker lainnya, kanker serviks juga memiliki gejala awal yang sama dengan gejala penyakit ringan sehingga kebanyakan pasien tidak menyadari jika gejala tersebut bukanlah gejala penyakit ringan melainkan gejala awal dari penyakit kanker serviks. Ditambah dengan cukup banyak wanita yang cenderung tidak begitu peduli dengan informasi seputar penyakit kanker.

Tanda tanda kanker serviks memang tidak bisa diketahui sejak awal oleh pasiennya, namun Anda bisa mencegah pertumbuhan penyakit kanker serviks dengan senantiasa selalu menjaga kesehatan tubuh termasuk menjaga kesehatan organ reproduksi.

Menjaga kesehatan organ reproduksi bisa dilakukan dengan menggunakan tumbuhan alami yang melimpah di sekitar kita, seperti daun sirih atau dedaunan alami lainnya yang mana dapat mengatasi keputihan, usahakan juga untuk menjaga pola makan Anda dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *