Pantangan Makanan dan Buah Ibu Hamil Muda

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang banyak untuk mencukupi asupan tubuhnya yang mana juga diperuntukkan untuk janin. Nutrisi terbaik dengan kandungan energi baik akan membantu proses tumbuh kembang janin hingga terbentuk menjadi bayi yang sehat dan sempurna.

Cermat memilih makanan merupakan hal penting yang mana harus dikuasai oleh ibu hamil dan orang di sekitarnya sehingga kondisi janin dan ibu tetap sehat dan dalam keadaan yang kuat hingga menjelang masa persalinan.

Sayangnya, tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil bahkan dapat dikatakan sebagai pantangan ibu hamil. Berikut ini beberapa hal yang menjadi pantangan bagi ibu hamil yang harus Anda pahami:

Pantangan Ibu Hamil Muda

pantangan-makanan-ibu-hamil-muda

Faktanya cukup banyak wanita yang memiliki ketergantungan dengan tembakau, bahkan hampir sebagian penderita kanker paru-paru yang disebabkan karena kecanduan merokok adalah wanita.

Kecanduan merokok tidak bisa dihilangkan dengan mudah, seseorang harus melakukan beberapa treatment khusus untuk dapat mengatasi kecanduan mereka. Mereka ibu hamil yang aktif atau pasif merokok secara tidak langsung akan menghantarkan racun pada janin yang dikandungnya karena rokok mengandung zat adiktif yang berbahaya bagi kesehatan.

Merokok merupakan sebuah pantangan ibu hamil muda maupun ibu hamil besar. Menurut WHO, di dalam kepulan asap yang berasal dari rokok terkandung 4000 senyawa kimia yang berbahaya, seperti tar, karbon monoksida (CO) serta nikotin, bahkan 43 senyawa aktif kimia

Pantangan Makanan Ibu Hamil

Mengkonsumsi obat tidak bisa dilakukan dengan leluasa disaat Anda diberitahukan positif hamil, karena bagaimana pun juga obat terdiri dari berbagai bahan kimia yang tentunya berbahaya bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Anda yang memiliki riwayat kesehatan buruk dapat meminta resep dari dokter dengan mengatakan bahwa saat ini Anda sedang mengandung sehingga dokter akan lebih berhati-hati dalam pemberian resep obat. Selain itu, jangan selalu minum obat bahkan disaat Anda hanya merasa keluhan penyakit ringan, seperti pusing.

Redakan sakit kepala dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menghilangkan rasa sakit kepala, seperti makanan yang pedas, dengan catatan tidak berlebihan, karena ada beberapa pantangan makanan ibu hamil, salah satunya adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan ringan atau junk food serta makanan pedas dalam jumlah yang besar.

Pantangan Buah Ibu Hamil

Mengkonsumsi minuman yang beralkohol sebenarnya tidak diperuntukkan disaat Anda hamil atau tidak, karena minuman beralkohol memiliki kadar alkohol tinggi yang mana tidak baik untuk kesehatan bayi.

Maka dari itu, hindarilah minuman yang mengandung alkohol, serta beberapa pantangan buah ibu hamil, seperti buah durian atau buah-buahan lainnya yang bersifat panas di dalam tubuh. Lebih banya konsumsi sayuran hijau, buah dan juga susu.

Stres

Pantang sekali bagi ibu hamil untuk mengalami tekanan atau stres, karena stres dapat menyebabkan beberapa gangguan pada janin. Beberapa wanita harus mengalami keguguran karena mereka terlalu lelah dan mengalami stres yang tinggi. Cobalah untuk melakukan pekerjaan dengan santai, jika Anda merasa tidak sanggup lebih baik Anda mengambil cuti hamil terlebih dahulu.

Stres juga dapat diatasi dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, lakukan kegiatan yang menyenangkan namun tidak berbahaya bagi Anda dan janin.

Ibu hamil memiliki sejumlah pantangan yang diyakini dapat merugikan, baik kesehatan ibu atau janin apabila pantangan ibu hamil itu tidak diperhatikan. Lakukan kegiatan positif dan hindari berbagai pengaruh negatif, baik yang berasal dari makanan atau lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *