Pantangan dan Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Menghindari konsumsi makanan yang tinggi akan kadar purin, setidaknya dipercaya mampu mengurangi risiko asam urat atau encok. Namun sayangnya, purin hampir ditemukan disemua jenis makanan, hewan dan tumbuhan. Pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati, akan menjadi sebuah keuntungan jika Anda mengenal apa saja makanan untuk asam urat sebagaimana berikut ini:

Roti putih/Pasta dan mie

Memilih karbohidrat merupakan cara terbaik untuk menghindari peningkatan kadar asam urat, karena karbohidrat rendah akan kadar purin, namun terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat juga tidak baik untuk tubuh karena dapat menaikkan tekanan darah dan meningkatkan risiko diabetes. Roti putih dan pasta/mie merupakan makanan sehat, namun makanlah sesuai dengan kadarnya, dan tidak terlalu sering.

makanan-sehat-untuk-penderita-asam-urat

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Makanan untuk penderita asam urat yang baik adalah biji-bijian serta kacang-kacangan. Akan sangat baik jika Anda diet purin dengan mengkonsumsi olahan makanan yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan tersebut. Cukup dengan mengkonsumsi dua sendok makan kacang dan biji-bijian setiap harinya, seperti kacang almond, biji kenari dan kacang mete.

Produk susu

Makanan sehat untuk penderita asam urat yang baik untuk Anda konsumsi adalah produk susu. Susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak sangat baik untuk kesehatan tubuh karena rendah akan purin yang mana secara langsung juga dapat mengurangi risiko meningkatnya kadar asam urat.

Sayuran dan buah-buahan

Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang rendah kadar purin, seperti kubis, labu, buah bit, buah pepaya, buah ceri, buah alpukat, buah pir, buah nanas, dan lainnya. Jeroan dan melino termasuk dari pantangan makanan untuk asam urat yang sudah sepatutnya untuk tidak dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang merupakan pantangan untuk asam urat, lebih baik Anda memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Telur

Telur merupakan makanan pokok yang tidak bisa dijauhkan dalam kehidupan sehari-hari, pasti ada saja keluarga yang membutuhkan telur sebagai menu makanan mereka. Telur rendah akan kadar purin, jadi bisa dikonsumsi oleh mereka yang menderita sakit asam urat, namun sayangnya konsumsi telur tidak bisa dilakukan dalam jumlah berlebihan, disarankan hanya mengkonsumsi telur sebanyak 2-3 butir saja setiap minggunya, karena telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Air

Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup, karena air merupakan sumber penghidupan, tanpa air manusia tidak bisa bertahan hidup dengan baik. Minum air putih 8 gelas setiap hari, air baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk Anda yang menderita asam urat.

Menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh, sudah sepantasnya Anda selalu menjaga pola makan dengan baik, caranya sebenarnya sangatlah mudah, akan tetapi dalam pelaksanaannya cukup sulit, tidak banyak orang yang mampu meninggalkan gaya hidup mereka yang sesungguhnya tidak sehat menjadi lebih baik, namun untuk hidup yang lebih sehat, maka sudah sepatutnya jika Anda belajar untuk menghargai diri sendiri dengan tidak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan kaya akan kandungan purin, hal ini harus dilakukan untuk mencegah peningkatan kadar asam urat yang mana dapat menyebabkan penyakit asam urat yang jika sudah parah menjadi encok atau keluhan penyakit lainnya.

Anda yang memiliki catatan medis dan telah didagnosa positif memiliki penyakit asam urat, maka hal terbaik yang bisa Anda usahakan sejak saat ini adalah menjaga pola makan dan memperbaiki pola hidup. Usahakan untuk selalu menyantap makanan untuk asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *