Obat Tradisional Radang Tenggorokan Pada Anak dan Bayi

Radang tenggorokan terjadi akibat dari invasi bakteri maupun virus, akan tetapi tidak sampai membahayakan nyawa pasien. Radang tenggorokan tidak bisa dideteksi oleh pasien sendiri, karena cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal serta kesulitan disaat hendak menelan makanan, hanya dokter yang mampu memberikan kesimpulan jika radang tenggorokan tersebut disebabkan oleh invasi bakteri Streptokokus atau bisa jadi hanya radang tenggorokan biasa yang disebabkan oleh virus, maka dari itu sebelum Anda mengkonsumsi obat antibiotik untuk mengatasi radang pada tenggorokan, dimana sebetulnya tidak diperlukan apabila radang tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh virus, maka dianjurkan untuk mengatasi radang tenggorokan dengan mengkonsumsi obat tradisional radang tenggorokan sebagai langkah penyembuhan pertama.

Obat Tradisional Radang Tenggorokan Pada Anak dan Bayi

obat-tradisional-radang-tenggorokan-anak-bayi

Simak beberapa tanaman obat yang mampu untuk mengatasi radang tenggorokan di bawah ini:

Sari cuka apel

Sari cuka apel secara alamiah mampu membantu membunuh bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Cukup dengan menambahkan dua sendok makan sari cuka apel dan satu sendok madu pada setengah gelas air. Agar obat alami ini lebih manjur lagi, tambahkan sedikit bubuk cayenne dan aduk obat hingga merata. Minum obat alami ini 2x sehari. Atau cukup dengan minum air yang telah ditambahkan sari cuka apel.

Jahe

Obat tradisional radang tenggorokan pada anak yang mungkin akan anak Anda sukai adalah jahe. Jahe memiliki kualitas yang sangat baik untuk menghangatkan tubuh termasuk tenggorokan, Anda dapat membuat minuman atau camilan sehat dari jahe, sesuaikan saja dengan selera anak Anda.

Atau bisa dengan membuat ramuan obat dengan cara mencampurkan parutan jahe kedalam gelas yang berisi air perasan jeruk lemon dan madu. Pastikan jika anak Anda menyukainya sehingga Anda bisa memberikan minuman jahe serta makanan jahe selama waktu yang dibutuhkan.

Sirup bawang

Mungkin terdengar cukup mengerikan dan bisa dibayangkan jika rasanya tidak akan senikmat disaat Anda minum sirup mangga atau sirup jeruk. Sirup bawang secara alami mampu mengatasi radang tenggorokan, siapkan 3 siung bawang yang telah dibersihkan dan dikupas kulitnya, rebus dengan air selama beberapa menit hingga bawang berubah menjadi bubur, setelah itu, campur bubur bawang dengan 5 sendok makan air hangat dan tambahkan madu serta air jeruk lemon, aduk dan obat siap digunakan.

Madu

Obat tradisional radang tenggorokan pada bayi tidak bisa sembarangan. Madu merupakan salah satu hasil alam yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk mengobati radang tenggorokan, namun sayangnya banyak pihak yang meragukan keamanan dari pemberian madu pada bayi, terkait dengan hasil produksi madu yang sangat berdekatan dengan lebah itu sendiri. Sebelum memberikan madu pada bayi untuk mengatasi radang tenggorokan, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak untuk menanyakan apakah bayi Anda aman mengkonsumsi madu.

Kumur air garam hangat

Coba redakan radang tenggorokan yang Anda alami dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Garam mengandung unsur alami yang mampu melawan sekaligus membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan, cukup dengan rutin berkumur menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam, niscaya radang tenggorokan yang Anda alami lekas sembuh.

Jus lemon

Jus lemon bisa menjadi obat tradisional radang tenggorokan yang cukup efektif, karena kandungan alaminya mampu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Buatlah ramuan obat dengan cara mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan air hangat untuk kemudian diminum atau dengan cukup menambahkan jeruk lemon pada teh hangat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *