Obat Sesak Nafas Tradisional

Sesak nafas adalah gangguan atau penyakit pada pernapasan yang cukup dikenal oleh masyarakat umum, termasuk masyarakat di Indonesia. Saat ini jumlah penderita yang sesak nafas semakin terus bertambah, kebanyakan kasus pada penderita sesak nafas disebabkan oleh genetika yang mana diturunkan oleh anggota keluarga sebelumnya.

Sesak nafas juga bisa disebabkan oleh gangguan pada paru-paru. Sedikitnya 75% sesak nafas disebabkan oleh fungsi atau kinerja jantung yang menurun atau tidak stabil, sehingga tidak jarang penderita sesak nafas mengalami rasa sakit tepatnya di bagian dada, terutama ketika mengambil dan mengeluarkan nafas. Mengobati sesak nafas dengan menggunakan obat sesak nafas tradisional seperti di bawah ini:

Obat Sesak Nafas Tradisional

obat-sesak-nafas-tradisional

Minyak lavender alami

Obat tradisional untuk menghilangkan penyakit sesak nafas adalah minyak lavender alami. Gunakan minyak lavender alami untuk memijat tubuh Anda, lebih baik lagi dengan mencampurkan minyak sayur , castrol oil atau minyak kelapa. Balurkan campuran minyak alami ini pada dada sambil dipijat perlahan-lahan untuk meredakan sesak nafas yang Anda alami. Anda bisa mendapatkan semua minyak alami ini di toko makanan sehat dan sekerang minyak alami ini pun bisa didapatkan dengan cukup mudah di supermarket. Anda pun bisa menggunakan minyak kayu putih jika semua minyak tersebut tidak ada.

Obat herbal

Anda pun bisa memanfaatkan tumbuhan obat herbal untuk mengobati sesak nafas, beberapa bahan alami seperti cayenne, chamomile, hyssop, elecampane, mullein merupakan bahan alami yang efektif untuk mengatasi sesak nafas. Namun sebelum menggunakan tumbuhan obat herbal, pastikan jika Anda konsultasi terlebih dahulu pada dokter, terutama jika Anda sedang hamil, karena obat-obatan tidak baik untuk kehidupan janin.

Beristirahat secukupnya

Tubuh yang terlalu lelah karena sibuk melakukan berbagai aktivitas dapat membuat kinerja paru-paru juga lelah, disaat Anda sudah merasakan tanda-tanda tubuh lelah, maka beristirahatlah secukupnya. Istirahat dengan baik dan beri tubuh Anda sedikit waktu untuk tidak memikirkan dan melakukan apa pun, istirahat secukupnya akan membantu Anda merasa lebih sehat dan disarankan untuk tidak melakukan begadang hingga tengah malam.

Hindari stres

Stres yang berlebihan tidak hanya menyebabkan gangguan psikologis, namun juga menyebabkan pernapasan terganggu. Agar Anda tidak mengalami sesak nafas karena terlalu lelah dan stres, upayakanlah untuk selalu hidup bahagia, meskipun banyak masalah dan tidak semuanya bisa diatasi dengan mudah dan cepat, namun usahakanlah agar permasalahan tersebut tidak mengganggu kesehatan tubuh Anda, atasi stres dengan cepat sebelum stres tersebut mengganggu kinerja organ pernapasan dan tubuh Anda.

Minum air putih secukupnya

Tubuh harus tetap terhidrasi untuk mampu bertahan dengan baik dan menjalankan tugasnya dengan baik. Tubuh manusia membutuhkan mineral sebanyak 2 liter atau juga setara dengan 8 gelas. Selain dari air putih, Anda pun bisa memenuhi cairan dengan mengkonsumsi buah-buahan. Setidaknya jika Anda tidak bisa mengkonsumsi buah-buahan setiap hari, sempatkanlah untuk minum air putih sebanyak 8 gelas.

Posisikan bantal sedikit lebih tinggi

Mengobati sesak nafas dengan berbagai obat sesak nafas tradisional mungkin bisa sedikit membantu meredakan rasa sakit yang kerapkali Anda alami disaat sesak nafas itu terjadi. Namun, ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar sesak nafas tidak terus kambuh, yakni dengan memosisikan bantal sedikit lebih tinggi disaat Anda tidur. Posisi bantal yang lebih tinggi akan membuat nafas lebih rileks sehingga Anda merasa lebih nyaman dan sesak nafas pun tidak sering terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *