Obat Sariawan Alami Untuk Bayi dan Anak

Sariawan atau bisa juga disebut dengan stomatitis, merupakan peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut. Penyakit sariawan memang tidak membahayakan nyawa penderitanya, namun tetap saja rasa nyaman itu dirasakan oleh mereka yang mengalami sariawan, terutama pada saat menggerakkan mulut.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari stres, alergi suatu makanan tertentu, ada luka di mulut, siklus haid atau bahkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asam dan minum antibiotik.

Sariawan dapat dialami oleh siapa saja, dari generasi termuda hinga yang paling tua. Berikut ini beberapa obat sariawan yang terbuat dari bahan alami:

Obat Sariawan Alami Untuk Bayi dan Anak

obat-sariawan-alami-anak-bayi

Berkumur air garam

Obat sariawan anak haruslah yang aman dan tidak begitu dibenci oleh anak, artinya tidak terasa pahit. Berkumur dengan menggunakan larutan garam mungkin bukan cara yang paling disukai oleh anak-anak, namun cara ini termasuk pada cara mengobati sariawan paling mudah yang bisa dilakukan dengan segera.

Coba berkumur sebanyak 3 kali dalam kurun waktu satu hari dengan menggunakan larutan garam hangat. Cara ini bagus untuk menyembuhkan luka yang timbul karena sariawan.

Probiotik

Faktanya, bayi pun bisa mengalami sariawan. Karena bayi masih sangatlah rentan, maka tidak diperkenankan untuk ibu memberikan obat sariawan untuk bayi tanpa pengawasan oleh dokter. Sariawan pada bayi sebenarnya dapat diobati dengan probiotik.

Banyak sekali makanan yang kaya akan kandungan probiotik, seperti yoghurt, kimchi, acar, serta suplemen probiotik. Konsumsi probiotik akan menjaga keseimbangan dari bakteri sehat serta menciptakan suatu kondisi yang tidak menyenangkCaan untuk jamur Candida.

Ramuan tradisional alami

Obat sariawan alami haruslah diolah dari bahan herbal alami sehingga menghasilkan ramuan tradisional alami. Berkumur dengan menggunakan ramuan tradisional dinilai ampuh untuk membantu mengatasi sariawan, ramuan tradisional itu bisa lidah buaya, jus plum, ekstrak dari biji anggur, minyak pohon teh dan masih banyak lagi.

Bawang putih atau pepaya

Selain berkumur dengan memakai ramuan tradisional alami, mengobati sariawan juga dapat dilakukan dengan memakai bawang putih serta pepaya. Bahan alami ini cukup dioleskan saja pada luka sariawan. Cara alami ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan, selain memakai bawang putih dan pepaya, Anda juga bisa memakai kantong teh.

Baking soda

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengatasi sariawan dengan baking soda. Pada dasarnya baking soda populer sebagai bahan pengembang makanan, namun semakin lama fungsi dari baking soda semakin bertambah, salah satunya adalah mengobati sariawan.

Larutan baking soda dengan menggunakan air, dan gunakan bahan alami ini sebagai obat kumur atau pengganti pasta gigi melapisi sariawan. Baking soda sangatlah bermanfaat karena akan membantu melawan bakteri yang ada di dalam mulut dan mempercepat proses penyembuhan luka sariawan.

Minum vitamin

Asam folat, zat besi, vitamin C dan vitamin B merupakan asupan makanan yang baik untuk mencegah atau mengobati sariawan. Usahakanlah untuk memperbanyak asupan makanan Anda, khususnya yang baik untuk meringankan sariawan.

Obat sariawan haruslah ampuh, karena tidak ada satu orang pun yang ingin mengalami penyakit sariawan dalam jangka panjang, cobalah satu persatu tips alami di atas, namun bila tidak membuahkan hasil yang memuaskan, segera berobat ke dokter untuk penanganan selanjutnya.

Sariawan merupakan penyakit yang menyerang kesehatan mulut, penyakit ini bisa menyerang kapan saja bahkan disaat Anda sedang begitu sehat dan segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *