Obat Herbal Tradisional Asam Lambung Tinggi

Naiknya asam lambung yang bermula dari perut menuju kearah kerongkongan akan menimbulkan rasa sakit di dada yang begitu menyiksa. Mengatasi gangguan pada asam lambung, sebenarnya bisa diatasi tanpa obat asam lambung, melainkan dengan beberapa cara lain yang tidak kalah ampuhnya.

Obat untuk mengatasi asam lambung sangat mudah untuk didapatkan, Anda hanya perlu membelinya di apotek terdekat, tidak perlu resep dari dokter pun Anda sudah bisa mendapatkannya.

Obat Herbal Tradisional Asam Lambung Tinggi

obat-asam-lambung-herbal-tradisional

Akan tetapi, untuk apa minum obat jika asam lambung yang Anda alami masih bisa disembuhkan dengan cara alami. Inilah beberapa cara alami yang mampu membantu mengatasi asam lambung, dikutip dari Healthy Living MSN:

Permen karet

Permen karet merupakan jajanan anak-anak hingga orang dewasa yang tidak pernah lekang dimakan zaman, meskipun sudah banyak beredar jenis permen lainnya yang lebih menarik dan lebih kreatif, seperti lolipop, faktanya masih banyak orang yang gemar makan permen karet.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research yang menunjukkan jika ketika Anda mengunyah permen karet setidaknya selama 30 menit sesudah makan dapat membantu mengurangi keluhan GERD (Gastro Esophagia Reflux Disease) atau lebih mudah disebut dengan naiknya asam lambung.

Baking soda

Obat tradisional asam lambung, yakni dengan memanfaatkan baking soda. Baking soda dapat digunakan untuk membantu menetralisir asam lambung karena bersifat basa. Cukup dengan mencampurkan setengah sampai satu sendok teh baking soda ke dalam satu gelas air. Akan tetapi cara ini memiliki kekurangan, yakni dapat menimbulkan efek samping berupa muntah dan mual-mual.

Lidah buaya

Obat herbal asam lambung dengan lidah buaya. Menurut Victor Sierpina MD, yang berasal dari University of Texas Medical Brunch, ia mengatakan jika lidah buaya dapat meredakan inflamasi yang terjadi pada esophagus(kerongkongan).

Ia menyarankan untuk segera mengatasi asam lambung dengan mengkonsumsi setengah gelas jus lidah buaya sebelum mengkonsumsi makanan, khususnya bagi mereka yang kerapkali mengalami asam lambung. Yang perlu Anda waspadai apabila mengkonsumsi lidah buaya sebagai obat untuk menyembuhkan asammlambung adalah meningkatnya frekuensi atau keinginan untuk buang air besar.

Jahe

Obat asam lambung tinggi yang cukup efektif adalah rimpang jahe. Jahe akan sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita asam lambung hanya dengan dosis yang sesuai. Apabila konsumsi obat penyakit asam lambung ini dilakukan secara berlebihan, akibatnya justru asam lambung dapat semakin memburuk.

Meskipun belum banyak penelitian yang mengatakan jika jahe mampu mengatasi asam lambung dengan efektif, namun konsumsi jahe sebagai obat yang efektif untuk menyembuhkan asam lambung telah dilakukan sejak lama oleh para leluhur kita, mereka percaya jika pemberian jahe pada makanan yang berpotensi meningkatkan asam lambung dapat mencegah naiknya asam lambung.

Pisang

Obat asam lambung yang tidak kalah efektifnya adalah buah pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang lezat dan mengenyangkan, siapa yang menyangka jika buah pisang dapat menjadi penawar yang baik untuk penderita asam lambung. Sayangnya, obat ini tidak selalu cocok untuk dikonsumsi oleh seluruh pasien asam lambung, karena dalam beberapa kasus, pasien asam lambung justru semakin memburuk setelah mengkonsumsi buah pisang.

Maka dari itu, konsultasikan diri Anda terlebih dahulu ke dokter, tanyakan pada dokter, apakah Anda dapat mengkonsumsi buah pisang secara bebas atau tidak dan juga apakah Anda dapat mengobati asam lambung dengan obat alami ataukah tidak?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *