Obat Diare Alami Untuk Ibu Hamil dan Menyusui serta Bayi

Sebenarnya diare bukanlah suatu penyakit, diare lebih tepat disebut sebagai gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh infeksi virus maupun infeksi bakteri.

Diare juga dapat disebabkan oleh reaksi negatif pada makanan, parasit, obat atau bakteri dan kotoran yang ada di dalam makanan Anda.

Hampir semua kasus diare akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, namun tidak sedikit pasien yang harus rela tinggal lebih lama di rumah sakit untuk mengatasi diare yang dialaminya. Berikut ini beberapa obat diare alami yang dapat diolah sendiri di rumah:

Obat Diare Alami Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Serta Bayi

obat-diare-alami-bayi

Coba tanaman mucilaginous

Obat diare alami ini mungkin tidak begitu familiar di telinga. Anda. Tapi faktanya tanaman obat ini berkhasiat untuk mengatasi diare. Tanaman ini dapat membantu menenangkan sistem saluran pencernaan serta membantu mengeluarkan bakteri jahat penyebab diare. Dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi tanaman obat ini bersamaan dengan air yang cukup banyak. Tanaman ini sudah meliputi Marshmallow, Slippery elm dan Psyllium.

Makan blueberry

Obat diare untuk ibu hamil yang tentunya aman untuk ibu hamil dan janin adalah blueberry. Sama halnya dengan teh hitam yang memiliki kandungan tanin, buah blueberry ditengarai mampu menahan cairan. Buah blueberry juga kaya akan kandungan antosianin yang mana merupakan antiosidan kuat dan bisa jadi bersifat antibiotik.

Jadi konsumsi buah blueberry dengan takaran yang pas disaat Anda mengalami diare, niscaya diare jadi cepat sembuh sehingga Anda tidak perlu mengkonsumsi obat diare yang tentunya dapat membahayakan kondisi janin Anda.

Tidur secukupnya

Disaat bayi mengalami diare, jangan langsung memberikan mereka obat diare untuk bayi yang berasal dari toko obat tanpa adanya resep dari dokter karena dapat membahayakan kondisi kesehatan bayi Anda.

Cukup dengan memberikan makanan dan susu yang dibutuhkan oleh bayi serta imbangilah dengan tidur yang cukup, pastikan jika bayi tidak mengalami gangguan di malam hari sehingga ia bisa tidur dengan lebih cepat dan lelap.

Konsumsi teh chamomile

Obat diare untuk ibu menyusui haruslah yang aman, artinya tidak akan membahayakan untuk bayi yang sedang menyusui. Salah satu obat yang efektif adalah teh chamomile.

Teh chamomile sangat baik untuk mengatasi diare karena dinilai mampu membantu mengatasi radang yang terjadi pada usus sehingga kolon menjadi lebih nyaman. Konsumsi teh chamomile sebanyak 3 cangkir setiap hari, minum teh chamomile sedikit demi sedikit, supaya kandungan alami dari teh chamomile dapat terserap dengan lebih maksimal.

Cuka apel

Nyatanya cuka apel dapat dimanfaatkan untuk mengobati diare, karena cuka apel mampu melawan dan membunuh bakteri yang menyebabkan diare. Cukup dengan menambahkan 1 sendok cuka apel pada 1 gelas air hangat, dan minum ramuan obat tersebut sebanyak 3 kali dalam kurun waktu satu hari, niscaya diare akan lebih cepat terhenti dan 100% terobati.

Apabila Anda mengkonsumsi ramuan cuka apel secara bersamaan dengan probiotik, maka beri sedikit jarak beberapa jam. Konsumsilah yoghurt yang mengandung probiotik setelah 2 jam minum ramuan cuka apel.

Mengatasi diare tanpa obat diare dari resep dokter merupakan tindakan yang cukup berbahaya,karena tidak semua orang dapat dengan mudah menerima obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Daripada Anda mengkonsumsi obat dari toko obat tanpa resep dokter, lebih baik Anda mencoba mengatasi diare dengan menggunakan bahan-bahan yang alami, selain lebih aman, bahan alami juga tidak kalah efektifnya.

Comments
  1. andy bharata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *