Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi, Balita dan Anak

Bayi dan anak sangat rentan dengan penyakit, tidak terkecuali dengan batuk. Hal ini dapat terjadi karena sistem imun bayi dan anak belum sebaik dengan sistem imun orang dewasa sehingga bayi, balita dan anak lebih sering sakit. Batuk yang terjadi pada bayi dan anak, tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena dapat membahayakan tubuh bayi dan anak. Maka dari itu disaat bayi atau anak Anda sakit batuk, segera diobati.

Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi, Balita dan Anak

Ada beberapa obat batuk tradisional yang bisa Anda berikan pada bayi dan anak, diantaranya adalah:

Jeruk nipis dan madu

obat-batuk-tradisional-anak-bayi-balita

Obat batuk tradisional untuk bayi haruslah yang aman dan tidak membahayakan tubuh. Oleh karena itu, akan lebih baik bila bayi tidak diberikan sembarangan obat batuk kimia. Disaat batuk, bayi akan mudah sekali rewel, lebih sering menangis dan tidak mudah untuk terlelap, kondisi ini perlahan-lahan akan membuat bayi lebih sakit lagi.

Atasi batuk bayi dengan memberikan ramuan alami dari jeruk nipis dan madu. Cukup dengan mencampurkan madu murni, air perasan jeruk nipis dan air yang matang lalu dikukus selama 10-15 menit. Setelah selesai dikukus, berikan ramuan alami tersebut dengan pertimbangan, bayi yang berusia 7-11 bulan dapat diberikan ramuan obat ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari, dengan takaran masing-masing satu sendok teh.

Disaat bayi sakit, jangan lupa untuk selalu mengontrol asupan makanan pada bayi, usahakan bayi untuk tetap lancar makan dan minum sehingga bayi tidak akan mengalami dehidrasi atau gangguan kesehatan lainnya.

Kunyit

Obat batuk tradisional untuk anak yang tidak lain adalah rempah kunyit. Kunyit merupakan rempah asli dari Indonesia yang kerapkali dgunakan untuk menambah rasa sedap atau rasa gurih pada makanan, sekaligus memberikan warna kuning alami pada makanan yang Anda olah. Selain baik sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa menjadi obat batuk yang cukup efektif.

Untuk anak yang masih menyusui, Anda bisa melakukan terapi pengobatan batuk dengan cara mengoleskan bubuk kunyit pada puting sebelum menyusui anak, atau bisa juga dengan cara mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu anak dan berikan susu obat tersebut sebanyak dua kali dalam waktu satu hari.

Minyak pijat

Obat batuk tradisional untuk balita, khususnya balita yang berusia 6 bulan. Minyak pijat yang dapat Anda gunakan adalah minyak alami, baik itu rosemary oil, peppermint oil, atau bila tidak ada cukup dengan minyak kayu putih. Minyak dipijatkan lembut pada tubuh balita, fungsinya untuk memberikan kehangatan, selain itu pemberian minyak alami pada derah tengkuk dapat mempercepat proses pengeluaran dahak dari dalam tenggorokan balita.

Madu dan lemon

Madu merupakan salah satu bahan yang akan selalu cocok untuk dibuat ramuan obat, salah satunya ramuan obat batuk. Mengatasi batuk memang cukup sulit, karena batuk sendiri memiliki tipe yang berbeda-beda. Buatlah salah satu ramuan obat tradisional dari madu dengan lemon, caranya cukup dengan mencampurkan air matang yang panas dengan madu murni dan air perasan jeruk lemon.

Tunggu selama beberapa saat hingga air panas menjadi lebih hangat dan ramuan obat siap untuk Anda minum. Ramuan obat dari madu ini terasa manis jadi anak akan menyukainya.

Cara mengatasi batuk pada bayi, balita dan anak dengan obat batuk tradisional dinilai lebih aman dan melegakan, karena bahan alami tidak mengandung senyawa kimia dan dapat diperoleh dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *