Obat Batuk Pilek Berdahak dan Kering Tradisional

Batuk merupakan penyakit umum yang pasti pernah dialami oleh semua orang, batuk bisa disebabkan karena beberapa faktor eksternal dan juga faktor dari dalam tubuh. Mengatasi batuk dengan obat batuk, harus disesuaikan dengan jenis batuk nya, Anda tidak bisa asal minum obat begitu saja.

Batuk yang dikenal luas oleh masyarakat dan hingga saat ini masih sering dialami oleh masyarakat adalah batuk berdahak, batuk kering, batuk pilek. Jenis batuk yang berbeda tentunya membutuhkan obat yang berbeda, apalagi jika Anda lebih senang mengkonsumsi obat-obatan resep dokter dibandingkan dengan mencoba resep alami.

Obat Batuk Berdahak Kering Pilek Tradisional

obat-batuk-kering-berdahak-tradisional

Sebenarnya, mengatasi batuk bisa dilakukan dengan memakai bahan yang alami bahkan beberapa bahan alami ada yang mampu mengobati batuk jenis apa pun. Berikut ini daftar nama bahan alami yang efektif untuk mengobati batuk:

Bawang putih

Bawang putih memiliki beribu manfaat yang belum terjamah, salah satu manfaat bawang putih yang sudah cukup diakui karena berhasil menyembuhkan adalah mengobati batuk. Obat batuk tradisional ini mampu mengobati batuk dengan segala tipe batuk, tanpa pengecualian.

Mengatasi batuk jenis apa pun dengan menggunakan bawang putih dapat dilakukan dengan mengunyah satu butir bawang putih mentah. Bawang putih memiliki banyak sekali kandungan alami baik dan bersifat antibiotik, antimicrobial,antibacterial dan anti virus. Dengan mengunyah satu butir bawang putih, bakter yang ada di dalam tenggorokan dapat dikeluarkan juga memudahkan dahak untuk keluar dari dalam paru-paru.

Untuk hasil terbaik, dianjurkan agar mengunyah 4-8 siung bawang putih selama satu hari, namun apabila Anda merasa tidak sanggup, Anda dapat memakan bawang putih dengan madu. Mengkonsumsi bawang putih mentah juga baik untuk menjaga kesehatan dan kehangatan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit dan masuk angin.

Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang mampu mengatasi batuk berdahak maupun batuk kering. Obat batuk berdahak ini dapat diperoleh dengan cara meracik rempah jahe secara profesional hingga menghasilkan minuman lezat yang menghangatkan tubuh.

Minuman jahe hangat akan membantu tubuh tetap hangat sekaligus membantu menghangatkan tenggorokan sehingga dahak berhasil dirangsang dan dapat keluar dengan lebih mudah. Selain jahe, ada beberapa bahan alami lainnya yang tidak kalah ampuhnya untuk mengatasi dan menyembuhkan batuk berdahak, seperti daun sirih, jeruk nipis dan kencur.

Kunyit

Jika jahe bisa membantu mengobati batuk berdahak, maka kunyit dapat disebut sebagai obat batuk kering yang efektif. Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antioksidan aktif yang cukup kuat, anti-inflamasi, anti virus, serta antibacterial yang mampu menjaga tubuh dari berbagai bakteri dan virus.

Masukkan bubuk kunyit dan merica pada rebusan air yang sudah mendidih, aduk sampai rata dan diamakan beberapa menit hingga air rebusan menjadi lebih hangat. Minum raguan obat ini 2 kali sehari, untuk rasa yang tidak terlalu pahit, Anda bisa menambahkan sedikit madu murni ke dalamnya.

Asam jawa

Jika bawang putih bisa menjadi obat batuk pilek dan batuk lainnya, maka asam jawa juga memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Kandungan Acid yang dimiliki oleh asam jawa mampu membantu mengobati berbagai macam penyakit, tidak terkecuali dengan penyakit batuk. Seduh asam jawa dan gula merah dengan air panas, tunggu hingga minuman terasa hangat, baru kemudian Anda meminumnya.

Mengobati batuk dengan berbagai obat batuk yang ada merupakan bagian dari upaya untuk menyembuhkan penyakit yang saat ini sedang Anda alami, namun alangkah baiknya jika memerhatikan komposisi dan efek samping dari obat kimia yang Anda minum, karena tidak selamanya mengkonsumsi obat itu baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *