Obat Alami Untuk Gusi Bengkak Tradisional

Gusi yang tengah membengkak akan menyebabkan rasa sakit yang berlangsung cukup lama dan terus menerus sehingga Anda memerlukan bantuan dari dokter gigi untuk mengobatinya. Tetapi ternyata ada beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa perlu berobat ke dokter, cara alami dengan pengobatan tradisional menggunakan obat gusi bengkak olahan rumah.

Obat Alami Untuk Gusi Bengkak Tradisional

Mengatasi gusi bengkak secara alami dengan bantuan ramuan obat alami dapat Anda simak di bawah ini:

obat-gusi-bengkak-alami-tradisional

Kumurlah dengan air garam yang hangat

Berkumur dengan menggunakan air garam yang hangat telah dipercayai sejak dulu untuk membantu meringankan gusi yang membengkak. Berkumur dengan air hangat bisa membantu meminimalkan rasa sakit yang terjadi pada gusi maupun tenggorokan Anda, apalagi jika air hangat diberi sedikit garam dapur.

Sayangnya, berkumur dengan menggunakan air garam yang hangat tidak membebaskan Anda dari rasa sakit secara permanen, artinya rasa sakit bisa kembali lagi disaat pengaruh dari air garam yang hangat sudah hilang dan pada saat itu Anda dapat kembali berkumur dengan menggunakan air garam yang hangat kembali. Selesai berkumur dengan air garam yang hangat, bilaslah mulut dengan air bersih.

Pakai obat kumur alami buatan sendiri

Obat untuk gusi bengkak yang juga efektif adalah dengan berkumur secara rutin dengan memakai obat kumur alami yang Anda olah sendiri. Membuat obat kumur alami tidaklah sulit, Anda bisa memakai garam dapur, baking soda atau campuran hydrogen peroksida. Obat kumur ini efektif untuk meringankan rasa sakit yang terjadi karena gusi bengkak.

Minum air secukupnya

Obat alami gusi bengkak tidak dapat bekerja secara maksimal apabila Anda tidak mengimbanginya dengan minum air putih secukupnya, dalam satu hari seseorang membutuhkan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter air.

Minum air secukupnya akan membantu mulut untuk memproduksi ail liur dengan lebih banyak, sehingga bakteri jahat yan terdapat di dalamnya bisa ikut dikeluarkan. Air minum juga dapat membersihkan mulut Anda dari berbagai bakteri dengan cara mereka sendiri, maka dari itu disarankan untuk lebih banyak minum air putih disaat gusi Anda membengkak.

Pijatlah gusi yang membengkak

Pengobatan alami lainnya yang dapat membantu mengobati gusi bengkak adalah dengan cara memijat daerah gusi yang sedang membengkak, Anda dapat memakai vitamin E atau cokelat hitam sebagai alat bantu.

Oleskan cokelat hitam atau vitamin E pada daerah gusi yang bengkak kemudian gosoklah gusi dengan mempertahankan gerakan melingkar, pijatan yang Anda lakukan akan membantu melancarakan sirkulasi darah sekaligus membantu proses penyembuhan gusi bengkak dengan lebih cepat.

Gunakan minyak cengkeh

Obat gusi bengkak tradisional dengan memakai minyak cengkeh alami sebagai alat bantu. Minyak cengkeh merupakan rempah alami yang dapat dijadikan sebagai ramuan obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi gusi bengkak. Balurkan halusan lada hitam yang telah diberikan sedikit minyak cengkeh pada gusi yang sedang membengkak.

Sikat gigi secara teratur

Usahakan untuk selalu memakai sikat gigi yang berbulu sedang untuk menyikat gigi Anda disaat gusi sedang membengkak, dengan menjaga kesehatan gigi serta gusi dari kotoran sisa makanan dapat meningkatkan dan mempercepat proses penyembuhan.

Obat gusi bengkak yang baik dan murah dapat Anda dapatkan sendiri di dapur rumah Anda, tidak perlu berobat ke dokter bila Anda masih bisa mengatasinya sendiri dengan bantuan bahan alami tersebut.

Comments
  1. Anto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *