Obat Alami Tradisional Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan sangat identik dengan gejala flu, pilek bahkan infeksi bakteri yang mana dikenal sebagai radang tenggorokan. Akan tetapi, meskipun cukup banyak obat sakit tenggorokan yang ditawarkan akan lebih baik jika Anda menggunakan metode alami. Metode alami dengan hanya memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai obat pereda sakit pada tenggorokan dinilai lebih bersahabat, baik untuk tubuh serta untuk anggaran belanja.

Memanfaatkan tanaman herbal seharusnya dijadikan sebagai suatu kebiasaan, sehingga disaat Anda sakit tenggorokan Anda telah mengenal apa saja tanaman obat yang mampu untuk mengatasinya. Inilah beberapa bahan alami yang dapat membantu meringankan dan menyembuhkan sakit tenggorokan, dikutip dari Doctoroz:

Obat Alami Tradisional Sakit Tenggorokan

obat-alami-tradisional-sakit-tenggorokan

Akar manis

Akar manis merupakan salah satu tanaman obat tenggorokan sakit yang efektif untuk membantu menghilangkan lendir atau dahak yang ada di daerah hidung, paru-paru juga tenggorokan. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2009 menyebutkan jika berkumur dengan menggunakan air yang mengandung licorice (akar manis) akan membantu memulihkan pasien yang sedang mengalami sakit pada tenggorokan.

Tanaman ini mungkin tidak selalu ada bahkan mungkin tidak pernah ada di dapur rumah Anda karena termasuk pada kategori tanaman yang tidak begitu dibutuhkan, namun Anda bisa mendapatkannya dengan cukup mudah di toko obat herbal.

Sup ayam

Sup ayam merupakan obat alami sakit tenggorokan yang membantu untuk menghangatkan tenggorokan dengan cukup baik, beberapa penelitian mengatakan jika sup ayam adalah jenis makanan yang baik untuk meringankan sakit tenggorokan dan demam. Maka dari itu, disarankan untuk mengkonsumsi sup ayam disaat sakit.

Cuka apel

Jika apel nya saja sudah mengandung banyak manfaat, maka cuka apel juga termasuk pada bahan makanan yang memiliki sejumlah manfaat, termasuk membantu mengurangi sakit pada tenggorokan. Obat tradisional sakit tenggorokan ini memiliki sifat antibacterial yang kabarnya mampu melawan bakteri dan juga infeksi yang menyebabkan seseorang mengalami sakit pada tenggorokan.

Sedangkan, rasa asam yang dimiliki oleh cuka apel berfungsi untuk meningkatkan sel darah putih (leukosit) yang mana baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Madu

Madu tidak hanya baik untuk mengatasi batuk, merawat kecantikan kulit dan berbagai manfaat lainnya, madu juga mampu mengobati sakit yang terjadi pada tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, infeksi maupun gejala akan flu. Mengobati sakit tenggorokan dengan menggunakan madu yang kemudian dicampurkan dengan lemon dan air hangat.

Sebuah studi ilmiah yang dilakukan di Penn State University pada tahun 2007 silam, menyebutkan bahwa sama ampuhnya dengan dextromethorpan, yakni bahan aktif yang dapat mengurangi gejala penyakit batuk.

Bawang putih

Bawang putih memiliki ukuran yang kecil, namun mengandung beribu manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, bawang putih yang selama ini Anda manfaatkan untuk mengolah makanan ternyata cukup baik untuk meringankan sakit tenggorokan.

Walaupun belum semua pihak meyakini akan khasiat alami dari bawang putih, namun masih banyak orang yang percaya dan menunjukkannya dengan cara mengolah makanan mereka dengan menggunakan banyak bawang putih.

Memanfaatkan bahan alami untuk mengobati penyakit bukanlah hal yang aneh, sudah banyak penyakit yang berhasil disembuhkan dengan menggunakan tanaman obat alami, bukannya obat kimia. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan tanaman obat adalah sakit tenggorokan.

Obat sakit tenggorokan alami ini diyakini dapat menghilangkan rasa sakit dari tenggorokan dengan cukup efektif sehingga Anda tidak perlu berobat ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *