Menu Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya para wanita yang ingin hamil harus menyiapkan tubuhnya selama 6 hingga 12 bulan sebelum benar-benar positif hamil. Tapi kehamilan bisa terjadi kapan saja bahkan disaat Anda belum siap untuk mengalaminya.

Disaat hamil, wanita membutuhkan makanan sehat untuk ibu hamil yang tentunya jauh lebih beragam jenisnya. Dalam proses mengandung, seorang wanita akan mengalami perubahan hormon yang diikuti dengan perubahan sikap, perubahan minat dan perubahan sifat, beberapa wanita cenderung menyukai makanan apa saja disaat mereka hamil, bahkan beberapa wanita menyukai beragam makanan yang tidak disukainya disaat tidak sedang mengandung.

Meskipun kebutuhan dan keinginan Anda akan makanan sangatlah banyak, tidak semua makanan bisa Anda makan dengan bebas disaat akan mengandung, utamanya makanan yang bergizilah yang harus Anda konsumsi dengan lebih banyak.

Menu Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

makanan-sehat-untuk-ibu-hamil

Berikut ini beberapa makanan sehat yang baik untuk ibu hamil dari yang hamil muda hingga yang hamil besar:

Kuning telur serta minyak hati dari ikan Cod terfermentasi

Makanan yang sehat untuk ibu hamil bisa diperoleh dari telur dan ikan Cod. Kandungan vitamin serta mineral dari telur, terutama kuning telur sangatlah baik untuk dikonsumsi. Telur kaya akan berbagai macam vitamin, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K serta EPA, kolin dan juga DHA.

Kolin memiliki fungsi alami untuk membantu tumbuh kembang fungsi hati dan otak. Sementara itu, minyak hati dari ikan Cod yang telah terfermentasi kaya akan vitamin E, vitamin K, vitamin A serta vitamin D, minyak hati dari ikan Cod ini mampu membantu pertumbuhan tulang pada bayi karena vitamin D yang dimilikinya.

Kaldu tulang serta makanan fermentasi lainnya

Menu makanan sehat untuk ibu hamil harus dibuat dengan baik, artinya seimbang antara karbohidrat, protein dan senyawa aktif lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Kaldu tulang merupakan salah satu menu makanan sehat yang harus Anda masukkan ke dalam menu makanan harian Anda, karena kaldu tulang memiliki beragam manfaat, kaldu tulang memiliki kolagen yang cukup tinggi yang mana dapat membantu mencegah terbentuknya selulit atau stretch mark pada permukaan kulit tubuh wanita.

Kaldu tulang juga kaya akan fosfor, kalsium serta mineral. Sedangkan makanan yang difermentasikan memiliki kandungan bakteri baik yang baik untuk saluran pencernaan tubuh ibu hamil dan membantu meningkatkan perkembangan bayi.

Hati atau makanan laut

Makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama dari makanan laut dan juga hati. Hati merupakan makanan yang sangat bergizi untuk tubuh, mengandung protein baik yang sangat tinggi. Hati juga memiliki kandungan zat besi, tembaga, seng dan juga asam folat, vitamin B12.

Sementara makanan laut yang Anda konsumsi memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang mana baik untuk pertumbuhan otak sang janin dan juga baik untuk kesehatan ibu. Kerang segar yang mentah dapat langsung dikonsumsi oleh Anda karena kerang kaya akan kandungan seng baik.

Makanan sehat untuk ibu hamil harus diatur dan diperhatikan dengan baik, Anda bisa meminta bimbingan dari dokter kandungan dengan mencatat menu makanan yang menyehatkan dan diwajibkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Disarankan untuk lebih memerhatikan kandungan di dalam menu makanan Anda, dan pastikan jika menu makanan yang Anda konsumsi itu bergizi dan asupan nutrisinya seimbang dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda serta janin. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh dengan minum air putih secukupnya dan berolharaga ringan secukupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *