Menu Diet Sehat yang Baik Bagi Kesehatan

Banyak orang beranggapan jika diet sama dengan tidak makan seharian. Orang-orang mengasosiasikan kelaparan menjadi salah satu bentuk dari diet yang sehat. Padahal tidak ada kaitan antara diet dengan tidak mengkonsumsi makanan sama sekali. Diet adalah pembatasan kalori, sehingga pola makan yang sehat diterapkan. Banyak menu diet sehat yang bisa menjadi acuan pola makan anda. Paling tidak jumlah asupan kalori yang anda dapatkan dalam sehari sebanyak 1300. Nah bagi anda yang masih berpikir diet adalah tidak makan apapun, saatnya anda merubah pikiran anda. Dibawah ini ada beberapa saran mengenai menu makan anda setiap sesinya agar mendapatkan asupan kalori yang cukup untuk aktivitas anda sehari-hari.

Sarapan merupakan hal yang tidak boleh anda lewatkan. Banyak artikel yang membahas mengenai manfaat dari sarapan, seperti menjaga asupan nutrisi ke otak agar dapat beraktivitas dengan normal, dan lain sebagainya. Untuk menuĀ  sarapan anda dapat memilih dua macam menu diet sehat yaitu oatmeal atau telur. Berbeda dengan sarapan biasanya, jika anda sedang diet porsi oatmeal harus anda kurangi, dan sebagai gantinya anda dapat menambahkan potongan buah segar ke dalamnya. Untuk telur anda bisa membuatnya menjadi telur dadar, dan ditutup dengan minum susu skim. Total kalori yang anda dapatkan adalah 200 untuk sekali sarapan. Asupan kalori ini mampu menjadi awal aktivitas anda. Pada pukul 10 pagi, anda bisa memakan snack, yaitu kacang almond. Kacang almond sangat baik bagi kesehatan jantung serta mampu memerangi kolesterol jahat di dalam tubuh anda. Total asupan kalori dari snack yaitu 100 kalori.

menu diet sehat

Kini saatnya makan siang. Makan siang memegang peranĀ  yang penting karena makan siang berfungsi sebagai asupan energi untuk melanjutkan aktivitas anda. Menu diet sehat yang dianjurkan untuk anda yaitu 4 sendok nasi merah, cah brokoli, ayam panggang tanpa kulit, pepes tahu, serta ditutup dengan buah jeruk. Total asupan nutrisi dari makan siang ini yaitu 700 kalori. Ketika jam menunjukan pukul 16.00, kini saatnya anda makan makanan ringan kembali. Kebutuhan anda sebanyak 200 sampai 300 kalori. Anda bisa mengkonsumsi telur yang didadar dengan ditambahkan sayuran. Dengan catatan kuning telur anda kurangi, karena mengandung cukup banyak lemak dibanding putih telur. 1 butir telur mengandung 100 kalori, paling tidak anda bisa memakan 2 butir telur sebagai snack sore hari.

Yang terakhir adalah menu diet sehat untuk malam hari. Hindari makan malam lebih dari jam 8, karena jeda waktu yang terlalu pendek antara jam makan dengan jam tidur akan membuat makanan tidak tercerna dengan baik. Untuk malam hari, anda membutuhkan asupan kalori sebanyak 200 kalori. Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi oatmeal atau susu skim. Hendaknya anda makan pada pukul 19.00 agar makanan dapat tercerna dengan baik.

Diet ini telah sesuai dengan menu 4 sehat 5 sempurna, jadi anda tidak perlu risau kekurangan asupan nutrisi. Jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum air putih secukupnya. Selain menghindarkan anda dari dehidrasi, minum air putih yang cukup akan membantu melancarkan metabolisme tubuh anda. Itulah menu diet sehat yang bisa anda lakukan dalam sehari. Sebaiknya anda menghindari makanan yang digoreng, dan menambah asupan protein lain seperti sayuran dan buah. Anda bisa mengkonsumsi jus sebagai ganti buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *