Menu Diet dengan Buah dan Sayur

Menu diet yang tepat dapat membantu anda menurunkan berat badan dengan efektif. Selain itu juga bermanfaat bagi kesehatan anda, karena pada umumnya menu diisi dengan bahan sayuran ataupun buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan memegang peran yang vital bagi anda yang usianya telah menanjak, terlalu banyak mengkonsumis makanan berminyak dan berlemak akan membuat perut anda membuncit. Tentu tidak sedap dipandang bukan? Selain itu penumpukan lemak dalam tubuh akan memicu obesitas yang mengakibatkan beragam penyakit hadir, semisal jantung. Karena itu mulailah mengkonsumsi sayur dan buah, dan kurangi makanan yang berlemak.

Bagi anda yang sedang melakukan diet, ada beberapa patokan dalam memilih menu yang sehat dan mencukupi kebutuhan energi anda untuk beraktivitas. Misalnya menu sarapan pagi anda. Ada 3 pilihan yang tepat Menu diet untuk sarapan, yang pertama ialah telur dadar. Berbeda dengan telur dadar umumnya, kuning telur dadar untuk diet anda kurangi, karena kuning telur mengandung lebih banyak lemak dibanding putih telur. Sebagai gantinya anda bisa menambahkan jamur, paprika ataupun sayuran seperti bayam. Jika anda terbiasa sarapan menggunakan sereal, ada baiknya porsi sereal anda dikurangi, dan ditambahkan potongan buah apel, melon, pisang, strawberry, pepaya atau sesuai selera anda. Anda juga dapat menikmati buah-buahan sebagai pengganti sarapan bagi. Anda bisa memilih apel, semangka pear ataupun pepaya sebagai menu sarapan pagi anda.

Sedangkan untuk siang  hari, dimana kebutuhan energi sangat banyak terutama untuk menyokong aktivitas anda. Anda masih bisa menyantap makanan yang mengandung karbohidrat seperti  nasi, roti, mie, dan lain-lain. Namun dengan porsi yang lebih sedikit, perbanyak sayuran dibanding makanan yang mengandung karbohidrat tersebut. Anda bisa menyantap salad sebagai Menu diet tambahan, atau buah segar. Anda tak perlu khawatir, karena sayuran tidak akan menggemukan  tubuh. Paling tidak pilihlah menu sayuran yang direbus atau segar alih-alih ditumis.

menu diet

Untuk malam hari, anda bisa menyantap salad atau berbagai menu sayuran lain sebagai pengganti santap malam. Hal ini dikarenakan aktivitas yang sedikit pada malam hari, sehingga anda tidak perlu menyantap makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Anda bisa mencoba menyantap sup sayuran ataupun sayuran rebus dengan tahu kukus sebagai Menu diet malam anda. Jika anda jenuh mengkonsumsi buah segar, anda bisa mencoba membuat aneka jus buah. Hanya saja minimalkan penggunaan gula untuk pembuatannya. Dengan menerapkan pola hidup sehat diet sayuran, serta diiringi olah raga yang rutin, akan membuat anda lebih sehat. Disisi lain anda juga harus memenuhi kebutuhan cairan anda dengan minum air putih yang cukup. Konsumsi air putih dapat memperlancar metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan anda, selain mencegah dehidraasi pada siang hari.

Memang pada awalnya menyantap menu yang serat sayur akan membuat anda jenuh. Terlebih jika anda memfavoritkan berbagai makanan yang mengandung daging-dagingan. Bagi anda yang menyukai dagig unggas ataupun kambing, cobalah beralih ke daging ikan. Menu  ikan yang disarankan untuk diet yaitu ikan salmon. Selain kaya akan omega3, daging ikan salmon juga kaya akan mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk mendukung aktivitas anda setiap harinya. Hindari ikan salmon yang digoreng, cobalah mengkonsumsi ikan salmon yang dipanggang. Sudah banyak fillet ikan salmon yang dijual di supermarket dan toko-toko, anda bisa mengolahnya menjadi berbagai Menu diet yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *