Membiasakan Hidup Sehat dan Bersih Sejak Kecil

Membiasakan hidup sehat sejak dari kecil memang sangat penting untuk diterapkan dan dibiasakan dan harus menjadi gaya hidup sehat.  Kesehatan merupakan anugrah yang paling besar bagi manusia yang diberikan Tuhannya, maka dari itu sudah sepatutnya agar kita selalu bersyukur dan menjaganya, jangan sampai kita menyesal saat sudah terbaring sakit, mengakui bahwa nikmat sehat itu memang sangat berharga. Sebenarnya membiasakan diri untuk hidup secara sehat tidaklah sulit, apabila kita sudah terbiasa dan ditanamkan nilai-nilai disiplin, selalu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan pribadi maupun kebersihan lingkungan, rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, hindari junkfood dan lain lain. Maka bukan tidak mungkin sampai tua nanti anda bisa menikmati hidup secara sehat dan bugar, walaupun sebenarnya tidak mungkin kita tidak mengalami sakit, pasti kita akan mengalami sakit, tetapi apa salahnya apabila kita berikhtiar unutk selalu menjaga kesehatan kita, tentu tidak ada salahnya bukan.

Hidup Sehat

Tips hidup sehat yang pertama adalah membiasakan untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri. Sejak kecil anda sebagai orang tua harus bisa menanamkan nilai tersebut agar anak anda nantinya terbiasa dan tidak menjadikan hal tersebut sebagai beban. Anda bisa membiasakan anak untuk selalu sikat gigi sebelum tidur, rutin mandi minimal 2 kali sehari, menjaga kebersihan kuku tangan dan kaki, membiasakan cuci muka dan kaki sebelum tidur dll. Hal tersebut merupakan hal-hal sepele namun apabila secara terus menerus dilakukan setiap hari maka manfaatnya akan terasa di kemudian hari. Apabila sudah terbiasa, maka anak akan menganggap hal tersebut sebagai suatu rutinitas yang memang wajib dilakukan, sehingga anak merasa memiliki tanggung jawab.

Tips hidup sehat yang kedua adalah membiasakan diri untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kita hidup di suatu lingkungan, otomatis tempat yang kita tinggali baik itu kamar pribadi, rumah, atau lingkungan sekitar rumah, wajib kita jaga kebersihannya, banyak penyakit yang disebabkan karena lingkungan kotor, seperti demam berdarah, diare, cikungunya, dan penyakit lainnya. Biasakan anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, membereskan tempat tidur dan kamarnya  sehabis bangun, menyimpan baju kotor kepada tempatnya, dengan menanamkan kebiasaan tersebut maka anak akan merasa risih apabila melihat lingkungan yang dia tinggali kotor dan tidak rapi, sehingga anak akan membersihkannya, tentu kebiasaan ini kebiasaan baik yang bisa anda tanamkan kepada anak anak anda.

Tips hidup sehat yang ketiga adalah rutin berolahraga. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang menyenangkan untuk anak maupun orang dewasa. Selain menyenangkan olahraga juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kebugaran jasmani, kurang lengkap apabila kebiasaan hidup bersih dan sehat tidak dibarengi oleh aktivitas olahraga, bahkan aktivitas ini merupakan aspek yang penting agar hidup kita sehat. Olahraga mempunyai manfaat untuk mempersehat jantung dan paru-paru, membentuk badan menuju bentuk tubuh yang ideal dan segudang manfaat lainnya, aktivitas olahraga tidak perlu yang berat, bisa dengan melakukan olahraga moderat seperti bersepeda di pagi dan sore hari, jogging di pagi hari bersama keluarga.

Yang terakhir adalah konsumsilah makanan yang baik, dan menyehatkan. Makanan merupakan faktor utama penyebab kita terserang penyakit, penyakit yang kita derita tergantung dari apa yang kita konsumsi. Untuk hidup sehat, anda wajib hukumnya mengkonsumsi makanan yang baik, sehat dan menyehatkan. Hindari junkfood dan makanan cepat saji lainnya. Hindari juga makanan berkolesterol tinggi, mulai tanamkan pada anak untuk membiasakan diri mengkonsumsi sayuran hijau di setiap makannya.

Demikian artikel kami di www.andasehat.com mengenai hidup sehat, semoga dapat memberikan gambaran kepada anda bagaimana memulai cara hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *