Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi

Manfaat susu kedelai untuk diet dan kesehatan ibu hamil serta bayi. Saat hamil beberapa wanita cenderung memilih milih makanan mereka, ada yang awalnya tidak menyukai susu kedelai justru menjadi gemar minum susu kedelai disaat hamil, kondisi ini disebabkan pengaruh hormon yang berubah yang mana ikut memengaruhi minat makanan ibu hamil.

Pro dan kontra seputar baik tidaknya, boleh atau tidaknya mengkonsumsi susu kedelai bagi ibu hamil selalu menjadi bahasan pokok yang menarik. Beberapa ibu hamil yang kontra dengan susu kedelai memilih untuk tidak mengkonsumsi susu kedelai selama masa kehamilan mereka, mereka khawatir jika susu kedelai yang mereka konsumsi dapat membahayakan kehidupan janin, karena beredar kabar jika mengkonsumsi susu kedelai dapat menyebabkan kematian pada janin di dalam kandungan.

Terlepas dari pro dan kontra susu kedelai,sebenarnya susu kedelai dapat dikonsumsi, dengan kadar yang seimbang. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi susu kedelai dalam jumlah yang besar disaat Anda tengah hamil muda (trimester pertama) karena susu kedelai mengandung phytoestrogen yang mana dapat meningkatkan risiko keguguran pada janin.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Untuk Diet , Ibu Hamil dan Bayi

manfaat-susu-kedelai-bagi-kesehatan-ibu-hamil

Konsumsi susu kedelai dapat dilakukan dengan takaran yang pas setelah Anda melewati masa kehamilan yang rawan dan perekat janin telah semakin kuat. Mengkonsumsi susu kedelai dengan takaran yang tepat akan memberikan manfaat positif bagi kesehatan ibu dan janin. Inilah beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil:

Kandungan asam folat

Semua orang mungkin mengetahui dengan baik apa saja manfaat susu kedelai untuk diet, akan tetapi tidak banyak orang yang tahu jika kandungan asam folat di dalamnya dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan janin, khususnya perkembangan sel saraf. Perkembangan sel saraf yang terjadi secara optimal akan membantu meningkatkan kecerdasan bayi sejak berada di dalam kandungan.

Kandungan vitamin

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan, khususnya ibu dan janin dapat diperoleh setiap kali Anda minum susu kedelai. Susu kedelai memiliki kandungan vitamin A, vitamin B serta vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu yang sedang hamil supaya tetap bugar dan prima selama menjalani proses kehamilan yang panjang dan berat.

Protein

Kandungan protein didalam susu kedelai dapat membantu menjaga kesehatan organ yang ada di dalam tubuh Anda selama masa kehamilan berlangsung. Secara alamiah protein akan membantu menjaga kesehatan janin sehingga janin dapat tumbuh secara optimal. Manfaat susu kedelai untuk bayi, akan diperoleh secara maksimal jikalau Anda rutin mengkonsumsi susu kedelai berkualitas terbaik.

Karbohidrat

Berbicara mengenai susu kedelai dan kandungan di dalamnya, Anda tentunya tidak lupa jika susu kedelai juga memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan anak, karbohidrat merupakan nutrisi penambah energi yang memang harus selalu diperoleh oleh ibu hamil setiap harinya. Konsumsi susu kedelai secara teratur pada masa kehamilan trimester kedua dan trimester ketiga akan membuat tubuh lebih bugar sehingga tidak mudah sakit.

Lemak nabati

Lemak nabati berfungsi sebagai bahan aktif alami yang dapat memerangi kolesterol jahat di dalam tubuh, atasi gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi pada ibu hamil dengan cara mengkonsumsi susu kedelai.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, nyatanya ada dan dapat dibuktikan. Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang waspada dan belum percaya sehingg mereka memilih tetap untuk tidak mengkonsumsi susu kedelai hingga proses persalinan datang. Untuk lebih meyakinkan Anda, kunjungi dokter kandungan terdekat dan mintalah penjelasan medetail seputar manfaat susu kedelai dan pro kontra susu kedelai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *