Manfaat Madu Bagi Kesehatan Bayi Untuk Ibu Hamil dan Anak

Selama menjalani proses kehamilan, ibu hamil memerlukan banyak asupan gizi untuk memenuhi nutrisi tubuhnya dan nutrisi janin. Nutrisi yang lengkap akan menyempurnakan perkembangan janin hingga terbentuk menjadi manusia baru yang utuh. Madu merupakan salah satu pemanis alami yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, lebih baik dari gula atau pemanis buatan lainnya.

Madu memiliki kandungan fruktosa dan glukosa, asam amino serta berbagai macam vitamin. Kandungan yang dimiliki oleh madu sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil serta janin di dalam kandungan.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Bayi dan Untuk Ibu Hamil dan Anak

manfaat-madu-untuk-ibu-hamil-anak-bayi

Berikut ini beberapa manfaat madu untuk ibu hamil dan anak yang patut Anda simak dengan baik:

Mengatasi rasa mual

Minum teh dengan menambahkan madu ke dalamnya dapat membantu mengatasi rasa mual. Rasa mual adalah reaksi perubahan hormon yang biasa terjadi pada ibu hamil, khususnya pada trimester pertama. Mual dan muntah membuat ibu hamil merasa tidak nyaman namun masih bisa diatasi dengan beberapa minuman ringan, termasuk mengkonsumsi minuman yang dicampur dengan madu.

Mengatasi rasa panas pada perut

Rasa panas pada perut juga hal yang normal terjadi pada ibu hamil, atasilah segera dengan minuman madu, cukup dengan menambahkan air hangat dengan madu murni dan rasa panas pun berangsur-angsur menghilang.

Menambah nafsu makan

Manfaat madu bagi kesehatan, baik untuk ibu hamil atau secara universal adalah membantu menambah nafsu makan. Kehilangan nafsu makan bisa dialami oleh siapa saja dari kalangan apa saja dan usia berapa saja, atasi susah makan atau kehilangan nafsu makan dengan banyak mengkonsumsi minuman serta makanan yang dicampurkan dengan madu murni.

Melindungi janin dari toksin yang membahayakan

Jika manfaat madu untuk bayi belum banyak diketahui karena pemberian madu pun hanya bisa dilakukan jika madu telah menjalani serangkaian proses sterilisasi atau pemurnian, maka berbeda halnya dengan manfaat madu pada janin dan ibu hamil. Ibu hamil yang mengkonsumsi minuman serta makanan yang terbuat dari madu secara tidak langsung telah melindungi janinnya dari toksin yang berbahaya yang dapat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Memudahkan proses persalinan

Ibu hamil yang gemar mengkonsumsi madu akan mendapatkan keuntungan disaat proses persalinan, karena madu memiliki kandungan prostaglandin yang mana mampu meningkatkan kontraksi pada rahim sehingga leher rahim dapat terbuka dengan lebih lebar.

Mencerdaskan anak

Minum madu kabarnya dapat mencerdaskan anak, melancarkan perkembangan tubuh, mengatasi kebiasaan mengompol, mengatasi kejang-kejang yang biasa dialami oleh bayi, gangguan pernapasan, menyuburkan rambut, mengatasi batuk dan sembelit. Madu juga membantu mencerdaskan anak. Namun disaat akan memberikan madu pada anak dan bayi, hendaknya Anda tidak memberikannya dalam dosis yang tinggi, berikan madu dalam dosis yang mencukupi, karena pemberian madu yang melebihi dapat memberikan dampak yang buruk bagi bayi dan anak. Manfaat madu untuk anak memang banyak sekali, namun Anda pun harus melakukannya dengan cerdas.

Melihat berbagai manfaat madu untuk ibu hamil dan anak di atas, tentunya Anda sangat tergiur untuk mendapatkannya. Mengkonsumsi madu sebagai obat herbal atau pun bahan makanan yang menyehatkan harus dilakukan dengan teliti dan cerdas, pilihlah madu yang benar-benar murni telah disterilkan, bukan madu yang dijual dengan harga miring. Terutama jika madu akan diberikan pada bayi atau anak. Madu yang dibuat dari pemanis buatan atau madu yang belum dimurnikan dapat membahayakan kesehatan bayi, bayi dapat terkena infeksi atau keluhan penyakit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *