Manfaat Khasiat Kandungan Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Jambu biji kaya dengan kandungan vitamin C bahkan kandungan vitamin C di dalam buah jambu biji lebih tinggi daripada buah jeruk bahkan jauh lebih melampaui dari buah kiwi. Kaya akan serat larut serta mineral, asam amino esensial yang tentunya bermanfaat bagi tubuh.

Jambu biji merah disebut-sebut memiliki khasiat alami yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan jambu biji putih. Jambu biji merah memiliki nama latin Psidium guajava, termasuk dalam tumbuhan buah yang mudah untuk ditemukan, termasuk di Indonesia.

Manfaat Khasiat Kandungan Jambu Biji Merah

manfaat-khasiat-kandungan-jambu-biji-merah

Jambu biji merah memiliki cita rasa asam dan manis yang cukup menyegarkan disaat Anda kekurangan cairan. Berikut ini beberapa manfaat jambu biji merah:

Mencegah kanker

Banyak orang yang mengenal jambu biji merah sebagai satu dari berbagai jenis buah yang rendah kalori dan rendah lemak dan kaya akan kandungan berbagai jenis vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jambu biji merah memiliki kandungan antioksidan poli-fenolik dan juga flavonoid yang mana mampu mencegah pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran sel kanker di dalam jaringan tubuh.

Melancarkan sistem pencernaan

Jambu biji merah terkenal akan khasiat jambu biji merah yang tidak lain adalah melancarkan sistem pencernaan. Jambu biji merah mengandung serat larut, yakni sekitar 14% DRA atau bila dihitung sama dengan 5,4 gram per 100 gram daging buahnya. Kandungan serat inilah yang mampu membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus melindungi membran mukosa usus.

Menjaga fungsi otak serta syaraf

Manfaat buah jambu biji merah yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas adalah menjaga fungsi otak serta syaraf. Buah jambu biji merah memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin B3 yang mana dapat membantu merangsang kinerja otak supaya bekerja dengan lebih baik. Vitamin B6 dikenal juga sebagai pyridoxine yang mana mampu untuk meningkatkan aliran darah sekaligus memberi nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh otak dan juga fungsi syaraf.

Menangkal radikal bebas

Kandungan jambu biji merah, yakni vitamin C berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang mana dapat memengaruhi bahkan merusak kinerja tubuh dan kulit. Vitamin C yang terdapat di dalam buah jambu biji merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit.

Menyembuhkan infeksi

Selain baik untuk mencegah pengaruh buruk radikal bebas, kandungan vitamin C di dalam buah jambu biji merah juga bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi. Apabila buah dikonsumsi ketika penderita mengalami radang pada tenggorokan maupun flu, penderita akan sembuh lebih cepat karena kandungan vitamin C dalam buah jambu biji merah dapat mempercepat penyembuhan yang disebabkan oleh infeksi.

Mengatasi penyakit kronis yakni jantung koroner

Kandungan kalium di dalam buah jambu biji merah dapat membantu kinerja detak jantung supaya berdetak dengan irama yang seimbang dan teratur. Sedangkan kandungan asam elagat, asam korbigen, asam linoleat serta serat akan membantu mengikat lemak yang mana bermanfaat untuk menghindari terbentuknya plak yang berperan sebagai faktor penyebab jantung koroner.

Manfaat jambu biji merah yang tidak kalah dahsyatnya adalah mengatasi penyakit diabetes. Serat pectin dapat bekerja dengan baik menurunkan kadar gula di dalam darah sehingga baik untuk dikonsumsi oleh pasien penyakit diabetes. Anda yang memiliki riwayat penyakit kanker, diabetes, jantung koroner pada silsilah keluarga sebelumnya atau mudah sekali flu dan mengalami radang tenggorokan, dapat mengkonsumsi buah jambu biji merah sebagai obat alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *