Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil. Kesehatan dan Kesuburan

Kacang hijau (Vigna radiata) merupakan sejenis palawija yang cukup populer dan dikenal meluas, terutama di daerah tropika. Kacang hijau termasuk pada keluarga polong-polongan yang mana menyimpan sejuta manfaat, baik untuk kesehatan tubuh, kesuburan, maupun manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

Kacang hijau merupakan sumber bahan pangan dengan kandungan protein nabati yang cukup tinggi. Di Indonesia, kacang hijau menduduki peringkat ketiga, setelah kacang kedelai dengan kacang tanah. Dari keseluruhan tanaman kacang hijau, biji kacang hijau yang paling bernilai tinggi, biji kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai panganan yang lezat, salah satunya dengan cara dibuat bubur kacang hijau.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan dan Kesuburan

manfaat-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil

 

Kacang hijau mengandung protein yang tinggi dan juga sumber mineral yang penting, seperti fosfor dan kalsium, sedangkan kandungan lemak di dalam kacang tanah adalah kandungan asam lemak tidak jenuh. Simak beberapa manfaat kacang hijau di bawah ini:

Kolesterol

Anda yang menderita penyakit kolesterol tinggi, dapat mengkonsumsi kacang hijau untuk membantu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Konsumsilah kacang hijau setiap hari, karena rendah akan kandungan kolesterol dan kaya akan kandungan seratnya. Selain itu, konsumsi kacang hijau juga akan membantu mengatasi sembelit.

Kanker Payudara

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan, yakni dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu, salah satunya adalah kanker payudara. Meskipum kanker ini lebih dominan dialami oleh wanita, namun ada beberapa kasus kanker payudara yang dialami oleh pria, oleh karenanya, konsumsilah kacang hijau setiap hari untuk mengurangi risiko kanker payudara apabila Anda berisiko tinggi, dan konsumsi kacang hijau untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker jika Anda telah positif mengidapnya.

Zat alami yang terdapat pada kacang hijau mampu melawan infeksi virus, zat alami ini akan membantu memperlemah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker sehingga sel kanker tidak cepat menyebar ke jaringan sekitarnya. Zat aktif ini pun diketahui dapat menghambat pembentukan dan pertumbuhan sel tumor.

Perkembangan Saraf Bayi

Ibu hamil yang gemar mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu meningkatkan perkembangan saraf bayi, karena kandungan asam folat yang terdapat di dalamnya sangatlah baik untuk mendukung perkembangan saraf bayi ketika masa kehamilan berlangsung.

Selain itu, mengkonsumsi kacang hijau dengan teratur juga dapat menekan angka kelainan jantung pada bayi, terjadinya bibir sumbing maupun kecacatan lainnya. Asam folat juga membantu meningkatkan kecerdasan bayi.

Meningkatkan Potensi Kehamilan

Kacang hijau kaya akan vitamin E yang mana dapat membantu mempercepat proses kehamilan. Manfaat kecang hijau untuk kesuburan ini patut untuk Anda coba. Kacang hijau mengandung vitamin E yang merupakan antioksida yang mana dapat melindungi sel dari berbagai serangan radikal bebas, serta dapat membantu melindungi sel telur, sehingga tidak mudah rusak akibat dari radikal bebas. Kecambah juga memiliki kandungan vitamin B6 yang mana adalah salah satu nutrisi yang baik untuk mengatur jalannya hormon reproduksi.

Diabetes

Kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, artinya kacang hijau baik dikonsumsi oleh mereka yang positif menderita penyakit diabetes. Konsumsi kacang hijau dalam porsi yang seimbang, Anda bisa menambahkan sedikit madu sebagai pemanis.

Berbicara mengenai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, tentu tidak akan pernah lepas atau akan selalu berkaitan dengan manfaat kacang hijau untuk kesuburan dan juga kesehatan. Ambil manfaat yang ada dan buang jauh yang buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *