Manfaat Buah Tomat Untuk Jerawat dan Wajah

Buah tomat yang kita kenal sebagai bahan makanan memang lebih banyak digunakan sebagai bahan baku makanan atau bahan penghias makanan, seperti jus tomat, sup tomat atau bahkan sambal tomat, akan tetapi buah tomat juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

Manfaat buah tomat untuk wajah sudah dirasakan oleh mereka yang rutin memakai tomat sebagai bahan baku masker wajah atau bahan untuk melakukan scrubbing wajah. Tomat memiliki kandungan nutrisi, vitamin, antioksidan dan mineral yang menyehatkan kulit wajah sehingga wajah bebas dari jerawat maupun bekas jerawat.

Manfaat Buah Tomat Untuk Jerawat dan Bekas Jerawat

manfaat-tomat-untuk-wajah-jerawat

Simak beberapa keajaiban tomat di bawah ini:

Membersihkan kulit

Sebelum memakai tomat sebagai pengganti masker wajah kemasan yang biasanya Anda gunakan, lakukan tes keamanan terlebih dahulu, karena tomat mengandung zat asam yang mana dapat menyebabkan iritasi bagi kulit yang terlalu sensitif. Lakukan tes keamanan pada tangan, bila ditemukan reaksi panas seperti kulit terbakar maka jangan mencoba masker buah tomat tersebut.

Untuk membuat masker caranya mudah, cukup menghancurkan buah tomat lantas membalurkannya pada kulit wajah dan tunggu hingga masker buah tomat kering sempurna sebelum dibersihkan.

Mengecilkan pori-pori kulit

Pori-pori yang besar tentu membuat Anda merasa tidak nyaman ketika berdekatan wajah dengan orang lain, sama buruknya disaat kulit wajah Anda berkomedo, kecilkan pori-pori kulit wajah dengan menggunakan toner alami dari campuran sari tomat dan sari lemon. Gunakan kapas bersih untuk menyeka wajah dengan memakai campuran kedua bahan alami tersebut, lakukan gerakan melingkar. Bersihkan wajah dengan air 10 menit kemudian.

Mengatasi jerawat maupun bekas jerawat

Manfaat tomat untuk jerawat dan bekas jerawat dapat dibuktikan dengan segera disaat Anda mengapliksakan cara ini di hari pertama. Zat asam yang dimiliki buah ini cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat serta bekas jerawat yang merusak kecantikan kulit wajah. Haluskan buah tomat dan oleskan pada kulit wajah berjerawat atau kulit wajah bernoda hitam, tunggu selama 30 menit sebelum dibalas. Usahakan untuk melakukan cara ini selama 2 pekan berturut turut untuk hasil terbaik.

Mengatasi kulit wajah berminyak

Kulit wajah berminyak berisiko tinggi untuk menimbulkan jerawat. Atasi kulit wajah Anda yang berminyak dengan memanfaatkan buah tomat. Karena tomat mengandung asam amino dan vitamin C serta vitamin A yang baik untuk mengontrol kadar minyak.

Menyembuhkan luka bakar akibat sinar matahari

Luka yang disebabkan oleh api cukup sulit untuk diatasi. Biasanya luka bakar akan bertahan seumur hidup manusia, terutama jikalau tidak diobati dengan baik. Menyembuhkan luka bakar dapat dilakukan secara alami dengan menggunakan buah tomat. Kulit terbakar juga dapat disebabkan oleh sinar matahari yang mana dapat membuat kulit Anda menjadi belang.

Atasi kulit terbakar karena sengatan sinar matahari dengan mencampurkan yoghurt dan tomat. Hancurkan tomat kemudian tambahkan dengan yoghurt plain. Aduk menjadi satu lantas oleskan pada kulit wajah, biarkan masker alami ini selama beberapa menit baru kemudian dibilas.

Mencerahkan kulit

Kulit yang sehat akan memancarkan rona alami berbeda jauh dengan kulit yang tidak sehat cenderung pucat dan tampak kusam. Kembalikan rona dan kecerahan kulit wajah dengan tomat. Kabarnya campuran madu murni dan halusan tomat dapat membuat kulit wajah merona dan bersinar secara alami, oleskan makser alami tersebut secara teratur pada kulit wajah. Lakukan perawatan ini sampai masker mengering dan wajah siap untuk dibersihkan.

Manfaat buah tomat untuk wajah akan membantu Anda menjadi lebih cantik dan menarik, Anda yang memiliki masalah kulit wajah berjerawat, berminyak atau memilki flek hitam bekas jerawat dapat mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *