Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Buah semangka masuk ke dalam kategori buah-buahan kaya mineral yang menyegarkan dan baik untuk dikonsumsi. Semangka dapat menjaga cairan di dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi. Buah semangka termasuk dalam jenis buah yang mudah untuk didapatkan kapan saja di Indonesia, buah ini akan sangat populer disaat cuaca sedang teriknya.

Mengkonsumsi buah semangka akan membuat tenggorokan terasa segar. Dalam segi harga, buah semangka tidak dijual dengan kisaran harga yang mencekik seperti anggur. Disaat Anda mengkonsumsi buah semangka, sudahkan Anda mengetahui apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan?.

Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

manfaat buah semangka untuk kesehatan

Nyatanya sebagian besar orang hanya mengetahui manfaat umum dari buah semangka, yakni baik untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan dan juga menyegarkan. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang diantaranya adalah:

1. Buah semangka dapat membantu mengatasi rasa mual yang biasa dirasakan oleh hampir keseluruhan ibu hamil

2. Membantu ibu hamil muda, yakni dengan usia kandungan trimester pertama untuk tidak sering mengalami morning sickness

3. Menambah cairan karena buah semangka mengandung setidaknya 90% air

4. Dapat membantu mencegah kram pada otot yang biasa dialami disaat trimester pertama

5. Mengurangi angka preeclampsia hingga mencapai 50%

6. Membatu mengembangkan otak, otot, organ penglihatan, serta daya tahan tubuh pada janin.

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, khasiat buah semangka untuk kesehatan juga dapat dibuktikan. Buah semangka dapat membantu tubuh Anda tetap sehat dan segar, berikut ini beberapa manfaat nyata yang akan diberikan oleh buah semangka setelah suapan pertama:

Mencegah penyakit kronis

Semangka dengan beragam kandungan alaminya, yakni vitamin, mineral dan serat akan membantu tubuh menghalau penyakit kronis dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh, disaat daya tahan tubuh Anda baik sangat kecil kemungkinannya penyakit untuk masuk dan menyerang kesehatan Anda. Antioksidan dalam buah semangka juga baik untuk menangkal radikal bebas yang mana dapat merusak kesehatan kulit dan tubuh.

Meningkatkan proses penyembuhan luka

Karena buah semangka cukup efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengkonsumsi buah semangka, terutama jika tubuh Anda memiliki kesulitan untuk menyembuhkan luka dengan normal.

Menghindari infeksi

Selain baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka, buah semangka juga baik untuk menghindari infeksi yang mana biasa terjadi disaat seseorang terluka. Infeksi yang tidak diobati dengan benar dapat membahayakan keselamatan nyawa Anda, terutama jika luka tersebut disebabkan oleh bintang atau benda yang berkarat.

Menyehatkan organ penglihatan

Anda memiliki riwayat penyakit mata, Anda juga termasuk golongan orang yang tidak dapat lepas terlalu lama dengan gadget sehingga risiko mata rusak jauh lebih tinggi. Konsumsi buah semangka dapat meningkatkan kesehatan organ penglihatan. Konsumsi buah semangka dengan rutin untuk mata indah dan sehat.

Manfaat buah semangka untuk kesehatan memang benar adanya karena telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Anda yang mudah kehilangan cairan karena cepat berkeringat dapat mengkonsumsi buah semangka sebagai pengganti air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *