Manfaat Buah dan Jus Semangka Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Buah semangka terasa segar dan menyejukkan di tenggorokan, biasa dimakan disaat cuaca panas. Mengkonsumsi buah semangka saat di musim panas cukup populer di beberapa negara, baik di Korea Selatan, Jepang dan Indonesia.

Harga semangka yang murah tidak menyulitkan masyarakat untuk mengkonsumsi buah ini setiap saat. Walaupun harganya jauh lebih murah dari buah-buahan lainnya, buah semangka juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan kulit. Manfaat semangka bisa Anda petik setiap saat karena produksi buah ini cukup mencukupi di Indonesia.

Manfaat Buah dan Jus Semangka Untuk Ibu Hamil

manfaat-semangka-untuk-kesehatan

Semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak, sangat cocok untuk mereka yang sering mengalami dehidrasi bahkan untuk ibu hamil. Semangka memiliki kandungan air yang tinggi sekitar 90%, kaya akam antioksidan (likopen).

Sayangnya, tidak banyak ibu hamil yang tahu manfaat buah semangka untuk ibu hamil sehingga mereka hanya sekedar mengkonsumsi buah semangka disaat menginginkannya saja. Berikut ini manfaat semangka untuk mereka yang sedang hamil:

1. Mengurangi rasa mual

Di masa kehamilan pada trimester pertama, beberapa wanita cenderung mengalami mual setiap hari di setiap pagi atau sore hari, kondisi ini tentu membuat wanita merasa tidak nyaman. Anda bisa mengkonsumsi buah semangka untuk mengurangi rasa mual.

2. Mengurangi morning sickness

Sama halnya dengan mengurangi rasa mual, buah semangka juga bisa mengendalikan hasrat Anda untuk muntah-muntah. Konsumsi buah semangka setelah Anda makan makanan berat yang baik untuk ibu hamil.

3. Penambah cairan tubuh

Semangka bisa diolah sebagai jus di samping mengkonsumsinya secara langsung. Manfaat jus semangka, yakni bisa menambah cairan di dalam tubuh, karena semangka memiliki kandungan air yang begitu banyak, kurang lebih sebesar 90%.

4. Mencegah kram otot dan preeclampsia

Keduanya bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi buah semangka. Selain itu buah semangka juga dapat membantu perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh untuk janin

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka tidak hanya bermanfaat untuk para ibu hamil saja, tapi juga memiliki berbagai manfaat semangka untuk kesehatan tubuh manusia yang seringkali rentan terjangkit bakteri, virus, atau penyakit berbahaya lainnya. Petik semua manfaat buah semangka untuk menjaga kesehatan di bawah ini:

1. Baik dikonsumsi untuk menyehatkan jantung maupun tulang.

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan tulang yang mana cukup rentan dialami oleh masyarakat Indonesia jika Anda melihat gaya hidup masyarakat yang tidak sehat. Konsumsi buah semangka dengan rutin.

2. Tinggi likopen sebagai antioksidan alami

Antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas. Mengkonsumsi buah semangka yang juga baik untuk menjaga kecantikan kulit. Kulit menjadi lebih sehat dan tampak awet muda setelah teratur mengkonsumsi buah semangka.

3. Jauh dari dehidrasi dan tinggi akan serat

Karena buah semangka mengandung 90% mineral yang tentu saja dapat menjauhi Anda dari risiko dehidrasi. Konsumsi semangka yang kaya serat baik untuk pencernaan sehingga tidak membuat Anda sulit buang air besar.

4. Kaya akan berbagai vitamin serta nutrisi yang penting

Konsumsi buah semangka yang kaya akan berbagai vitamin serta nutrisi penting yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat semangka bisa Anda peroleh secara langsung disaat Anda mengkonsumsi buah semangka. Semangka bisa dibuat menjadi jus semangka atau hidangan pencuci mulut beserta dengan buah-buahan lainnya. Mengkonsumsi buah semangka di musim panas membuat tubuh menjadi lebih segar, tubuh tidak akan mudah kekurangan mineral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *