Manfaat Beras Merah Untuk Bayi dan Diet

Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan nasi putih dengan nasi merah? Sudah diketahui oleh umum jika nasi merah lebih baik dikonsumsi daripada nasi putih. Beras merah bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat yang baik untuk mereka yang sedang menjalani program menurunkan berat badan. Menjadi makanan sehat dan baik untuk berdiet karena beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih yang biasa Anda konsumsi setiap harinya.

Kandungan nutrisi yabg ada di dalam beras merah baik untuk kesehatan, karena beras merah mengandung mineral yang cukup tinggi, zat fenolat, selenium, asam amino triptofan, magnesium maupun asam lemak alfalinolenat. Manfaat beras merah diakui dapat menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga Anda tidak akan mudah merasa lapar setelah mengkonsumsinya.

Manfaat Beras Merah Untuk Diet

manfaat-beras-merah-bayi-diet

Kandungan serat beras merah kabarnya 6 kali lebih besar daripada nasi putih, sehingga tidak heran jika banyak orang yang lebih memilih untuk mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti karbohidrat nasi putih. Berikut ini beberapa manfaat beras merah untuk diet yang perlu Anda ketahui:

a. Nasi merah memiliki nilai GI lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih yang biasa Anda makan, sehingga membantu tubuh untuk mengendalikan glukosa di dalam darah dan produksi insulin di dalam tubuh.

b. Melancarkan sistem pencernaan sekaligus mencegah timbulnya plak yang diakibatkan oleh kolesterol jahat. Kolesterol jahat ada dan semakin banyak berada di dalam tubuh selama Anda tidak berhenti mengkonsumsi junk food atau makanan yang diolah dengan cara digoreng.

c. Menurunkan risiko kanker usus sekaligus mengurangi risiko seseorang untuk terkena penyakit wasir maupun iritasi pada usus. Karena beras merah memiliki nutrisi yang juah lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih. Anda yang berisiko besar terkena kanker usus sangat dianjurkan untuk mengganti konsumsi nasi putih dengan beras merah.

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi

Mungkin beras merah sangat baik dan sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang menjalani serangkaian program diet, akan tetapi manfaat nasi merah tidak hanya berhenti sampai disitu saja, beras merah juga memiliki beberapa khasiat untuk tumbuh kembang bayi. Inilah manfaat beras merah untuk bayi:

a. Membuat bayi tidur lebih lelap

Zat tepung yang terdapat di dalam beras merah dapat meningkatkan serotonin di dalam otak yang mana berfungsi untuk mengatur tidur. Sedangkan kandungan glycemic index dapat membantu mengatur kadar gula yang ada di dalam darah. Dengan memberikan beras merah, bayi akan jatuh tidur dengan lebih lelap dan tidak akan mudah terbangun di malam hari karena merasa kelaparan. Konsumsi beras merah juga baik untuk mengatasi stres sekaligus mengendurkan otot yang tegang.

b. Mencegah sembelit

Beras merah memiliki kandungan serat yang tak bisa larut di dalam air. Konsumsi beras merah dapat mencegah sembelit. Upayakan untuk memberikan anak nasi merah, khususnya pada anak yang kerapkali mengalami sulit buang air besar. Serat beras merah akan membantu menyerap air sehingga kotoran akan menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan. Konsumsi nasi merah membuat anak menjadi lebih sehat.

Manfaat beras merah ternyata cukup beragam, Anda hanya perlu memanfaatkan beras merah sesuai dengan kebutuhan Anda, mengkonsumsi nasi merah dengan beragam sayuran rebus atau kukus dan buah-buahan akan sangat baik untuk program diet Anda. Sedangkan untuk bayi dan anak-anak, buat nasi merah menjadi karbohidrat yang mereka sukai, Anda bisa mengkreasikan makanan anak untuk meningkatkan nafsu makan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *