Manfaat Asi Bagi Kesehatan Ibu dan Bayi

Manfaat Asi Bagi Kesehatan Ibu dan Bayi nya adalah sangat luar biasa, tetapi bagi wanita yang baru pertama kali melahirkan mungkin akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan karena menyusui ternyata lebih sulit dari apa yang di perkirakan. Keputusan untuk menyusui bayi atau memberi susu botol adalah keputusan pribadi sang ibu. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Apapun keputusan sang ibu, harus di dukung penuh oleh keluarga.

Manfaat ASI

Keuntungan Memberikan ASI

  • Meningkatkan antibodi dan nutrisi penting bagi sang bayi terutama pada tetesan susu pertama dari payudara sang ibu yang mengandung kolostrum
  • Membangun ikatan luar batin dan badaniah luar biasa antara ibu dan bayi
  • Mengurangi resiko terkena kanker payudara pada sang ibu

Keuntungan Menyusui dengan Botol

  • Lebih mudah untuk merencanakan jadwal memberikan susu
  • Mudah menyusui di depan umum
  • Dapat diberikan oleh orang lain
  • Ibu dapat melakukan kegiatan lain pada saat bayi menyusui

Bayi yang diberi ASI, selain memperoleh manfaat kesehatan lebih baik di banding dengan menyusui dengan botol, ikatan batin antara ibu dan sang bayi pun akan lebih erat. Nutrisi penting seperti antibodi dari sang ibu dapat membuat bayi lebih sehat dan jarang sakit. Bayi ASI juga bisa terhindar dari alergi makanan yang menyebabkan asma atau gatal-gatal pada kulit bayi.

Kelemahan pada bayi yang di beri ASI adalah kemungkinan kelelahan bagi sang ibu yang sepertinya tidak berujung terutama pada minggu-minggu pertama kelahiran sang bayi karena belum terbentuknya kebiasaan waktu bagi bayi menyusui.

Bagi ibu yang mengambil keputusan bayinya di beri susu dengan botol harus menyadari bahwa susu formula adalah susu sapi yang di modifikasi hingga menyerupai ASI, namun tidak sealami asi dan tidak memiliki antibodi dari dalam tubuh sang ibu sehingga membuat sang bayi rentan terhadap penyakit.

Selain itu harus di ketahui juga bahwa botol susu tidak se-elastis puting susu sehingga dapat membuat bayi sering kembung karena menelan udara selama proses menyusui. Ibu harus dapat membuat bayi bersendawa dengan mendudukannya di pangkuan sang ibu. Sanggalah kepala bayi di bawah dagunya sehingga tenggorokan tetap lurus, atau ibu dapat mendekap kepala bayi di bahu lalu tepuklah punggungnya dengan berhati-hati.

Sampai umur berapa memberikan ASI? Mungkin ini pertanyaan yang sering di tanyakan kepada dokter. ASI dapat di berikan hingga umur 2 tahun sepanjang sang ibu masih memproduksi susu. Apabila mulai terasa sakit karena gigi sang bayi mulai tumbuh, pemberian ASI dapat di berikan dengan cara memompa susu kemudian di taruh dalam botol susu.

www.andasehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *