Manfaaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat bengkoang untuk kesehatan dan ibu hamil. Bengkoang merupakan buah yang pertama kali ditemukan di tanah Amerika, lalu oleh para orang Spanyol, buah bengkoang dibawa ke Indonesia tepat pada abad 17. Buah bengkoang tidak begitu populer untuk dikonsumsi secara langsung oleh para masyarakat, kebanyakan orang justru lebih suka mengkonsumsi buah bengkoang setelah dibuat rujak atau olahan makanan menyegarkan lainnya.

Buah bengkoang juga lebih populer sebagai bahan alami yang bagus untuk merawat kulit serta memutihkan kulit, para wanita seringkali mengolah buah bengkoang menjadi masker wajah atau body lotion.

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

manfaat-bengkoang-untuk-kesehatan

Manfaat bengkoang yang sangat besar untuk merawat kecantikan wanita bukanlah opini semata, karena beberapa brand kosmetik ternama keluaran perusahaan dibuat dari bengkoang murni. Berikut ini beberapa manfaat dari buah bengkoang:

Memperkuat tulang serta gigi

Masalah gigi datangnya dari berbagai macam faktor, faktor utama yang paling banyak dialami oleh banyak orang adalah karena mereka malas membersihkan gigi dan memeriksakan kesehatan giginya ke dokter gigi secara rutin setiap bulannya.

Gigi yang jarang dirawat lebih rentan berlubang, terdapat banyak plak bahkan bisa membuat gigi goyah dan copot sebelum waktunya. Kondisi gigi diperparah dengan kebiasaan Anda yang gemar mengkonsumsi makanan manis, seperti permen dan cokelat. Sisa makanan yang tidak dibersihkan bisa membuat plak di gigi semakin tebal yang seterusnya membuat permukaan gigi Anda menjadi kuning, sisa makanan akan digerogoti oleh bakteri yang ada di gigi hingga lama kelamaan membuat gigi Anda menjadi berlubang.

Gigi yang berlubang dan ompong tentunya membutuhkan perawatan yang lebih mahal dan lama, untuk menghindari risiko tersebut, Anda bisa mulai mengkonsumsi buah bengkoang secara rutin. Buah bengkoang mengandung kalsium serta fosfor yang sangat baik untuk memperkuat tulang serta gigi. Konsumsi buah bengkoang akan mengurangi risiko osteoporosis.

Memutihkan dan melembabkan kulit

Bengkoang diolah secermat mungkin untuk memperolah saripati bengkoang yang nantinya akan Anda gunakan sebagai bahan masker wajah atau masker tubuh. Bengkoang akan membuat sel kulit mati menghilang dan digantikan dengan sel kulit baru. Dan buah bengkoang juga bisa dimanfaatkan sebagai penurun demam, karena bengkoang memiliki kadar mineral yang cukup tinggi, yakni sebesar 86-90%.

Melancarkan ASI

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil adalah memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil dan jabang bayi, namun selain itu, konsumsi buah bengkoang setelah melahirkan juga dinilai baik, khususnya untuk ibu yang ASI-nya sulit keluar. Mengkonsumsi buah bengkoang akan membantu memperlancar pengeluaran ASI sehingga bayi bisa memperoleh makanan mereka dengan baik dan teratur, tidak perlu diberi susu sapi.

Baik untuk pasien diabetes

Manfaat bengkoang untuk kesehatan akan sangat terasa bagi mereka yang menderita penyakit diabetes. Bengkoang memiliki cita rasa manis yang mana berasal dari oligosakarida atau bisa disebut juga sebagai inulin. Beberapa Negara telah memilih inulin sebagai pengganti konsumsi gula atau membantu penurunan kalori di dalam tubuh. Karena inulin memiliki sifat yang sulit dicerna maka akan cocok untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes.

Manfaat bengkoang akan terasa jika Anda mengkonsumsi buah bengkoang secara teratur, buah bengkoang bisa diolah menjadi berbagai macam panganan yang lezat dan menyegarkan karena buah bengkoang memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi.

Anda bisa membuat jus dari buah bengkoang dan beberapa jenis buah lainnya yang teksturnya jauh lebih padat. Dengan rutin mengkonsumsi buah bengkoang, tubuh lebih sehat dan kulit lebih putih serta lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *