Macam-macam Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Di zaman serba canggih dan modern ini, tanaman obat masih cukup populer dan digemari oleh masyarakat, terutama oleh lapisan masyarakat menengah ke bawah dan juga kelompok masyarakat yang menyadari dengan benar beragam fungsi dibalik macam-macam tanaman obat yang ada dan tunbuh dengan baik di lahan Indonesia.

Tanaman obat tidak memberikan efek negatif atau efek samping yang lebih banyak daripada obat-obatan modern yang diolah dari berbagai macam bahan kimia. Di Indonesia, ada begitu banyak tanaman obat yang berkualitas tinggi dan bermanfaat sebagai obat herbal alami.

Macam – Macam Tanaman Obat Keluarga

macam-macam-tanaman-obat-keluarga

Macam-macam tanaman obat keluarga atau lebih dikenal sebagai TOGA (Tanaman Obat Keluarga) merupakan tanaman yang diperoleh dari hasil budidaya rumahan yang cukup berkhasiat sebagai obat. Tanaman obat sengaja ditanam di atas sepetak tanah, baik di halaman rumah, di kebun maupun ladang yang nantinya akan dimanfaatkan secara pribadi sebagai tanaman obat keluarga.

Sejarah TOGA telah berkembang sejak lama, berasal dari Mesir Kuno, Yunani Kuno, Cina, Inggris hingga ke Indonesia. Ada cukup banyak jenis tanaman obat yang masih digunakan hingga saat ini, diantaranya adalah:

a. Daun dewa biasa dimanfaatkan untuk mengobati muntah darah bahkan pembengkakan yang terjadi pada payudara

b. Seledri dan belimbing merupakan tanaman obat yang biasa digunakan untuk mengobati hipertensi

c. Kelor merupakan jenis tanaman obat yang baik untuk mengobati demam serta panas dalam

d. Daun bayam duri bisa menjadi obat alternatif untuk mengatasi anemia

e. Kangkung dapat mengatasi masalah sulit tidur yang kerapkali mengganggu waktu istirahat Anda

f. Pacar cina dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kelamin sedangkan Saga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan serta mengobati batuk

Semua TOGA di atas, cukup Anda ambil dedaunannya saja. Selain berbagai jenis tanaman obat keluarga, kenalilah macam-macam tanaman obat dan manfaatnya di bawah ini:

a. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman obat asli khas Indonesia yang telah dimanfaatkan sejak lama oleh leluhur kita, secara turun temurun, temulawak dimanfaatkan untuk mengobati sakit kuning, perut kembung, maag dan membantu menstabilkan tekanan darah, dan juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

b. Jahe

Sejak zaman dahulu, rimpang jahe dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan masuk angin, mabuk kendaraan serta sakit kepala dan pusing. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam rimpang jahe bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghambat oksidasi kolesterol.

c. Bawang Putih

Memiliki manfaat yang sangat beragam, dapat dimanfaatkan untuk mengobati flu, batuk, dan mampu membunuh bakteri serta virus jahat yang menyebabkan penyakit. Penelitian menunjukkan jika konsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi yang mana dapat mengurangi risiki hipertensi dan penyakit jantung.

d. Sambilito

Hasil dari penelitian mengatakan jika kandungan Andrigrapholide, senyawa lakton diterpenoid bisiklik yang terdapat di dalam sambilito bersifat melindungi hati serta terbukti efektif menjaga kesehatan hati dari berbagai efek negatif parasetamol maupun galaktosamin, sambiloto juga mampu memperlambat pertumbuhan serta perkembangan sel kanker.

e. Cengkeh

Bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan seputar kesehatan, seperti sakit kepala, sakit gigi, mual dan muntah, masuk angin, perut kembung dan gangguan pada pencernaan, kolera, asma serta membantu memperlancar sirkulasi darah dan senantiasa selalu mengatur suhu tubuh.

Macam-macam tanaman obat, dari tanaman obat keluarga yang memang sengaja ditanam untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan keluarga hingga beberapa jenis tanaman obat yang populer dan sampai saat ini masih dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya obat-obatan.

Comments
  1. Jajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *