Khasiat dan Manfaat Buah Jambu Biji

Buah jambu biji termasuk jenis buah yang paling kaya akan manfaat buah jambu biji, entah untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai keluhan penyakit maupun untuk menjaga kesehatan kulit tubuh dan wajah.

Buah jambu biji yang populer di Indonesia adalah buah jambu biji merah dan buah jambu biji putih, keduanya memiliki rasa yang tidak jauh berbeda hanya daging buahnya saja yang berbeda warna dan kabarnya nutrisi alami di dalam buah jambu biji merah jauh lebih banyak dibandingkan dengan buah jambu biji putih.

Khasiat Buah Jambu Biji

manfaat-buah-jambu-biji

Kandungan vitamin C di dalam buah ini jauh lebih tinggi dari buah jeruk terutama disaat buah jambu biji masak dan siap untuk dipanen dan dikonsumsi. Berikut ini beberapa manfaat alami dari buah jambu biji, khususnya untuk menjaga kecantikan kulit:

Mencegah timbulnya keriput

Disaat usia bertambah secara bersamaan kondisi kesehatan organ tubuh dan kulit mengalami penurunan dan hal ini termasuk kepada gejala normal ketika manusia berusia lanjut. Namun bagaimana jika keriput, garis halus maupun gejala penuaan lainnya terjadi disaat Anda remaja? Kondisi ini biasa disebut sebagai penuaan dini. Penuaan dini terjadi karena beberapa faktor eksternal dan juga faktor internal.

Faktor internal yang dapat menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat adalah disaat seseorang kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit secara terus menerus sehingga kulit nampak tidak sehat dan awet muda lantas kondisi ini ditambahkan dengan gaya hidup Anda yang jauh dari kata sehat dan bersih, diantaranya tidak mencuci wajah secara teratur, tidak menggunakan pelembab wajah, berada di tempat ber AC dan masih banyak lagi. Radikal bebas mengurangi kesehatan kulit manusia dan untuk mengatasinya Anda membutuhkan buah jambu biji. Konsumsi buah jambu biji untuk kulit yang jauh lebih sehat dan bebas dari keriput.

Mengobati penyakit kulit

Penyakit kulit tidak hanya bisa disembuhkan dengan memakai daun jambu biji saja, ternyata buah jambu biji pun bisa melakukannya. Mengobati penyakit kulit dengan memanfaatkan buah jambu biji sangatlah mudah, Anda hanya perlu merebus buah beberapa buah jambu biji saja.

Air rebusan buah jambu biji tersebut Anda gunakan sebagai air rendaman. Berendam dengan air rebusan jambu biji mungkin hal yang baru, karena biasanya para wanita lebih suka berendam dengan susu, aromatherapy atau rempah.

Mencerahkan kulit

khasiat buah jambu biji ternyata cukup bermanfaat untuk kulit, termasuk membuat kulit tampak lebih cerah. Kotoran yang berasal dari debu, asap kendaraan bermotor dapat membuat kulit wajah dan tubuh menjadi kusam karena banyaknya kotoran yang menempel di permukaan kulit.

Kulit kotor biasanya dibersihkan dengan cara melakukan scrubbing kulit wajah atau luluran untuk tubuh. Namun ada cara lain yang mampu membantu mencerahkan kulit yakni dengan mengkonsumsi buah jambu biji. Mengkonsumsi buah jambu biji setiap hari akan membuat kulit wajah dan tubuh tampak lebih segar dan cerah, selain diolah menjadi jus buah menyehatkan, buah jambu biji juga dapat diminum air rebusannya.

Meremajakan kulit

Telah disebutkan sebelumnya, jika buah jambu biji kaya akan kandungan antiosidan, dan vitamin C serta vitamin A. Kandungan alami yang diperoleh dari mengkonsumsi buah jambu biji akan membantu meremajakan kulit Anda sehingga kulit tampak selalu awet muda meskipun usia Anda sudah tidak muda lagi.

Rahasia awet muda dengan manfaat buah jambu biji dapat dilakukan dengan 2 cara, baik dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kandungan buah jambu biji atau dengan mengolah buah jambu biji sebagai masker alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *