Kanker Rahim dan Gejalanya Yang Ada

Kanker merupakan sebuah penyakit berbahaya dan mematikan yang cukup banyak memiliki jenis. Ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak normal yang menyebar dan merusak sistem sel di dalam tubuh. Kanker rahim merupakan jenis penyakit kanker yang hanya bisa terjadi pada wanita, pertumbuhan sel kanker yang tidak normal ditemukan tepat di dalam rahim seorang wanita, semua wanita berisiko tinggi terkena kanker rahim yang berujung pada kematian. Untuk menekan angka kematian wanita yang disebabkan oleh penyakit ini, simaklah dengan baik pengertian dari kanker rahim dan gejalanya di bawah ini:

Penyebab Kanker Rahim dan Gejalanya

kanker-rahim-dan-gejalanya

Kanker rahim disebabkan karena perkembangan sel yang tidak normal di dalam tubuh yang mana semakin hari akan semakin tunbuh dan berkembang hingga menyebar ke daerah lainnya. Pada dasarnya kanker rahim dapat disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, yakni sering melakukan hubungan suami istri dengan lebih dari satu orang tanpa menggunakan pengaman serta melakukan hubungan suami istri disaat usia dini.

Kedua faktor tersebut dapat mempercepat pertumbuhan sel kanker pada rahim seorang wanita. Simak tiga gejala pokok dari kanker rahim, berikut ini:

1. Secara mendadak terjadi penurunan berat badan bisa dikaitkan dengan gejala penyakit tertentu. Penurunan berat badan pada umumnya terjadi disaat ada pemicunya, dan kali ini penurunan berat badan tiba-tiba terjadi karena adanya pertumbuhan dan perkembangan sel kanker di rahim.

2. Kembung pada perut mungkin biasa Anda alami ketika Anda mengkonsumsi air mineral cukup banyak, namun bagaimana dengan jenis kembung pada perut yang terjadi secara mendadak tanpa pemicu yang jelas. Kembung pada perut dekat sekali dengan gejala penyakit kanker rahim. Kembung tidak hanya terjadi pada perut saja, namun juga meluas sampai ke pinggul.

3. Ada perubahan pada bagian dada. Biasanya perubahan terjadi disaat wanita akan mengalami mentruasi atau positif hamil, namun jika keduanya tidak sedang terjadi pada Anda, kemungkinan besar perubahan bagian dada disebabkan karena kanker rahim.

Kanker Leher Rahim dan Gejalanya

Kanker leher rahim lebih populer dengan nama kanker serviks. Merupakan kanker yang disebabkan karena HPV (Human Papilloma Virus) virus kanker ini penularannya sama dengan penyebab kanker rahim, yakni dari hubungan suami istri tanpa pengaman dan di usia dini.

Kanker serviks memiliki beberapa gejala tersembunyi yang sulit diprediski oleh manusia awam. Kenali 2 gejala dari kanker serviks, berikut ini:

1. Pendarahan di bagian dalam area kewanitaan

Pada dasarnya, pendarahan yang terjadi merupakan jenis pendarahan yang lebih parah daripada pendarahan disaat Anda sedang datang bulan. Maka dari itu, diperlukan kewaspadaan tingkat tinggi disaat gejala ini datang, segera periksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui diagnosa dari kondisi tubuh Anda, apakah positif kanker serviks atau tidak.

2. Pendarahan disaat berhubungan suami istri

Biasanya darah akan keluar disaat suami istri melakukan hubungan pertama kalinya dan itu adalah hal yang normal terjadi, akan tetapi pendarahan akan dianggap tidak normal jika Anda telah berhubungan suami istri cukup lama, bukan untuk pertama kalinya. Apabila Anda mengalami pendarahan disaat sedang melakukan hubungan suami istri, segera periksa ke dokter.

Setelah Anda menyimak dengan seksama mengenai kanker rahim dan gejalanya, Anda jadi lebih memahami penjelasan seputar penyakit kanker rahim dan apa saja gejala yang akan ditimbulkan disaat seorang wanita positif mengidap penyakit mematikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *