Kanker Paru-Paru Stadium 4 dan Pengobatannya

Persentase pasien yang didiagnosa positif kanker paru-paru terus meningkat setiap tahunnya. Pada hakikatnya, penyakit kanker paru-paru meluas dan berkembang jauh lebih cepat dibandingkan jenis kanker lainnya. Kanker paru-paru merupakan proses dimana adanya pertumbuhan sel kanker secara tidak normal di dalam jaringan paru-paru.

Kanker paru-paru tumbuh dan semakin berkembang di dalam selaput lendir maupun jaringan-jaringan cabang tenggorok. Sangat mengkhawatirkan, karena hingga saat ini kanker paru-paru masih menjadi penyebab kematian masyarakat yang paling tinggi daripada kanker lainnya.

Biasanya pasien tidak akan menyadari jika dirinya positif mengidap kanker paru-paru, mereka baru mengetahuinya disaat sel kanker sudah menyebar yang artinya telah memasuki stadium 4. Kanker paru-paru stadium 4 dengan alami akan menyebar bahkan hingga ke paru-paru lainnya, bisa dikatakan dokter tidak bisa melakukan tindakan pembedahan.

kanker-paru-paru-stadium-4

Obat Tradisional Kanker Paru-Paru

Harapan untuk sembuh bagi pasien kanker paru-paru stadium lanjut, sangatlah bervariasi, alasannya karena semua orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda yang mana akan memengaruhi proses pengobatan yang akan dilakukan bahkan beberapa pasien harus melakukan pengobatan berbulan bulan untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

Tidak sedikit pasien melakukan pengobatan alternatif dengan obat tradisional kanker paru-paru yang mana dapat diperoleh dengan mudah di kantor praktik pengobatan alternatif atau toko obat tradisional.

Obat Herbal Kanker Paru-Paru

Obat herbal kanker paru-paru merupakan pengobatan pendamping karena pasien tetap harus melakukan pengobatan medis secara berkala untuk meringankan penyakitnya. Dengan kata lain, pasien tidak bisa hanya bergantung dengan obat herbal saja.

Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi keberhasilan pengobatan kanker paru-paru, diantaranya adalah:

Jenis kanker dan penyebaran kanker

Pada tahapan penyakit kanker paru-paru dikelompokkan menjadi 2 tahapan, yakni tahapan kanker paru-paru sel kecil serta tahapan kanker paru-paru bukan sel kecil (non-sel kecil). Dan kanker paru-paru stadium lanjut ini termasuk pada kelompok kanker paru-paru non-sel kecil. Pengobatan untuk menyembuhkan atau setidaknya menambah harapan hidup berdasarkan dari jenis kanker serta seberapa luas penyebaran sel kanker, apabila kanker suda menyebar ke paru-paru lainnya maka harapan hidup jauh lebih minim.

Faktor usia

Mereka pasien penyakit kanker paru-paru yang berusia muda cenderung memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dibandingkan dengan pasien yang sudah berumur, faktor usia sangat memengaruhi proses pengobatan. Karena mereka yang berusia dewasa hingga lanjut usia memiliki daya tahan tubuh yang tidak sebaik dahulu.

Faktor gender

Harapan untuk hidup ternyata jauh lebih besar dimiliki oleh pasien kanker paru-paru wanita. Selain itu, faktor kesehatah tubuh secara keseluruhan serta respon pasien disaat memperoleh pengobatan juga berpengaruh terhadap keberhasilan pengobatan yang dilakukan oleh dokter terhadap para pasien penyakit kanker paru-paru. Mereka yang memiliki kondisi tubuh sehat kemungkinan besar dapat menerima pengobatan dengan baik.

Kanker paru-paru stadium 4 memang memiliki angka harapan hidup yang jauh lebih minim dibandingkan dengan pasien kanker paru-paru stadium awal, akan tetapi, Anda harus tetap bersemangat dalam menjalani serangkaian pengobatan karena berusaha menyembuhkan lebih baik daripada tidak melakukan apa apa. Lakukan semua pengobatan semampu Anda, di samping rutin melakukan pengobatan secara berkala cobalah untuk lebih memerhatikan konsumsi makanan Anda.

Hindari aneka makanan yang tidak baik untuk kesehatan paru-paru dan coba hentikan kecanduan merokok, tidak menghirup asap kendaraan bermotor dan faktor eksternal lainnya. Anda yang berisiko tinggi mengidap kanker paru-paru bisa mulai menjalani program hidup sehat, hindari minuman beralkohol, merokok dan paparan radiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *