Kanker Otak Stadium 1 , 2 , 3 dan 4

Pada umumnya mereka yang mengidap penyakit kanker otak seringkali mengalami kondisi di mana mereka lupa akan sesuatu hal, lupa meletakkan barang atau lupa akan janji, terkadang juga mengalami penglihatan yang kurang jelas, kerapkali mengalami sakit kepala yang berkepanjangan.

Penyakit kanker yang menyerang otak ini merupakan penyakit kronis yang patut diwaspadai karena kanker ini akan menyebabkan kerusakan fungsi tubuh bahkan kehilangan fungsinya. Karena otak merupakan bagian tubuh yang paling vital, pertumbuhan sel kankar di otak akan mengganggu kinerja organ secara menyeluruh.

Kanker Otak Stadium 1 dan 2

kanker-otak-stadium-1-2-3-4

Mereka yang menderita kanker otak stadium 1, tidak banyak menunjukkan gejala atau ciri-ciri yang pasti. Oleh karena itu, tidak aneh jikalau banyak pasien kanker yang kurang mendapatkan pertolongan pertama yang sesungguhnya sangat dibutuhkan untuk menekan pertumbuhan maupun perkembangan sel kanker ke arah yang lebih mengkhawatirkan.

Ada beberapa gejala awal yang menunjukkan jika seseorang tengah menderita penyakit ini, diantaranya:

a. Sakit kepala atau pusing. Tidak akan begitu berbahaya jika sakiy kepala atau pusing yang Anda alami tidak terjadi secara intens setiap harinya, namun bila rasa pusing dan sakit kepala sudah berlebihan, segera lakukan tindakan penanganan dengan meminum obat atau memeriksakan diri Anda ke dokter.

b. Rasa mual. Perlu dicurigai jika Anda sering merasa mual padahal kondisi tubuh sedang normal, artinya tidak sedang masuk angin atay mengandung.

c. Penurunan kualitas indera penglihatan di usia muda. Ini terjadi karena pertumbuhan sel kanker terus mengalami peningkatan tanpa adanya reaksi melawan.

d. Penurunan kualitas indera pendengaran akan terus terjadi bahkan ketika penyakit Anda masuk ke gejala kanker otak stadium 2.

e. Kehilangan kesadaran dan tidak sadarkan diri. Pingsan yang terjadi secara mendadak perlu sekali untuk diwaspadai, terlebih jika kondisi tubuh Anda sedang prima tidak keletihan.

Kanker Otak Stadium 3 dan 4

Adapun pertumbuhan kanker pada otak terus mengalami peningkatan setiap harinya, didukung dengan ketidaktahuan pasien bahwa dirinya tengah menderita penyakit mematikan sampai pasien maju ke tahap selanjutnya, yakni kanker otak stadium 3.

Diperlukan penanganan segera karena penyakit ini sudah masuk ke tahap lanjutan yang dapat membahayakan nyawa pasiennya. Untuk kanker stadium lanjutan, yakni stadium 3 dan stadium 4, sangat kecil kemungkinannya untuk sembuh secara optimal, meskipun Anda berobat di negara maju.

Yang paling penting adalah berusaha untuk memberantas pertumbuhan serta perkembangan sel kanker sehingga tidak semakin menyebar dan dapat mengurangi rasa sakit yang menyakitkan pasien sekaligus dapat menambah usia produktif pasien. Penanganan yang bisa dicoba untuk mengobati kanker otak stadium 4 adalah pembedahan, radiasi dengan menembakkan sinar X yang berfungsi untuk membersihkan sel kanker yang ada dan masih tersisa atau lewat jalan kemoterapi.

Yang harus Anda lakukan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker otak adalah dengan senantiasa selalu menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Menjaga asupan makanan dengan baik, juga tidak merokok, mengkonsumsi makanan maupun minuman yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya yang dinilai dapat memicu pertumbuhan sel kanker dengan cepat.

Perbanyak minum air putih, mengkonsumsi makanan kaya serat dan antioksidan, seperti sayuran, buah-buahan dan berbagai jenis makanan berprotein yang baik untuk membantu melancarkan peredaran darah menuju otak, cobalah untuk tidak terpapar sinar radiasi langsung dengan mengurangi pemakaian ponsel atau gadget berlayar lainnya. Pertumbuhan sel kanker memang tidak mudah untuk diprediksi kapan datangnya, tapi pertumbuhan sel kanker masih bisa dicegah dengan menjaga gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *