Inilah Cara Hidup Sehat Untuk Manula

Menjadi manusia usia lanjut (MANULA) merupakan kepastian yang akan dialami setiap manusia. Namun bisa tidaknya kita untuk tetap menjaga kesehatan agar di usia tua tidak menjadi manusia penyakitan, itu semua tergantung dari pribadi masing – masing orang. Bagi seseorang yang sudah menjadi manusia usia lanjut dianjurkan untuk menerapkan cara hidup sehat. Namun sayangnya hanya ada beberapa orang saja yang mengetahui cara hidup sehat yang sesuai untuk diri mereka sendiri. Pada manusia usia lanjut (MANULA) sangat perlu mengetahui pentingnya menjaga berat badan, kadar kolesterol, kadar gula darah, tekanan darah, dan kesehatan jantung.

Inilah Cara Hidup Sehat Untuk Manula

Sebagian besar para manula memiliki penurunan daya ingat, penglihatan, pendengaran, dan tenaga. Sehingga sangat perlu adanya suatu cara agar para manula bisa memiliki umur panjang meskipun telah mengalami banyak penurunan tenaga dan penurunan kemampuan panca indera. Dibawah ini ada beberapa cara hidup sehat yang berguna agar para manula bisa tetap sehat.

– menjaga kadar gizi
Mengkonsumsi sayuran, kacang – kacangan, sereal, dan buah akan membuat seorang manula bisa menjaga kadar gizi yang diperlukan tubuh. Selain itu, untuk kepentingan menerapkan cara hidup sehat sebaiknya makanan tersebut dikonsumsi setiap hari secara rutin untuk menujukkan hasil nyata. Para manula juga dianjurkan untuk menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah dengan tidak berlebihan mengkonsumsi makanan berlemak maupun makanan untuk meningkatkan tekanan darah seperti daging kambing.

– minum air putih
Air putih sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan minum air putih secara rutin, para manula akan terhindar dari dehidrasi dan sembelit.

– hindari makanan cepat saji
Meskipun makanan cepat saji sangat nikmat untuk di santap. Namun sebenarnya makanan cepat saji memiliki efek buruk bagi tubuh. Lantaran sebagian besar makanan cepat saji harus digoreng yang berakibat masuknya minyak goreng ke dalam tubuh. Sehingga semakin banyak minyak goreng yang masuk ke tubuh, maka akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh tidak normal.

– melakukan olahraga
Demi menjaga kebugaran, sebaiknya para manula sering melakukan olahraga. Contohnya melakukan senam, fitnes, dan aerobik. Para manula yang tidak mau berolahraga bisa diganti dengan cara jalan kaki menuju tempat tujuan yang diinginkan. Dengan demikian para manula bisa tetap menjaga kebugaran tubuh walau tidak melakukan senam, fitnes, dan aerobik.

– tidak stres
Pada saat para manula masih muda biasanya mereka sering mengalami stres berat. Perlunya mengurangi stres atau jika bisa tidak pernah mengalami stres malah akan membantu mereka untuk menjalani hari tua yang membahagiakan.

– tidak merokok dan minum alkohol
Sering merokok dan minum alkohol akan membuat para manula mendapat gangguan kesehatan yang berdampak timbulnya beberapa penyakit yang bisa membahayakan nyawa manula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *