Info Menarik Seputar Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Penyebab penyakit demam berdarah adalah virus dengue yang kemudian dibawa oleh nyamuk dan masuk ke dalam tubuh manusia. Terdapat empat jenis virus demam berdarah, menyerang manusia sehingga tidak menutup kemungkinan jika antara satu pasien demam berdarah dengan pasien demam berdarah lainnya memiliki gejala yang berbeda.

Faktanya, demam berdarah bisa ditularkan dari manusia ke manusia. Pada awalnya, nyamuk Aedes aegypti menghisap darah manusia yang telah positif DBD, kemudian nyamuk tersebut menggigit orang yang sehat dan menularkan virus tersebut. Pada pasien positif DBD akan ditemui beberapa gejala, sebagaimana berikut ini:

Penyebab Penyakit Demam Berdarah

penyebab-penyakit-demam-berdarah

Badan pegal

Badan pegal biasanya terjadi disaat seseorang melakukan pekerjaan yang berat dalam jangka waktu yang cukup lama, namun disaat badan terasa pegal padahal Anda tidak sedang melakukan aktivitas yang berat dan melelahkan maka sangat penting untuk mulai curiga, karena tidak menutup kemungkinan jika pegal-pegal yang Anda alami tersebut terjadi karena tubuh sedang tidak sehat, bahkan ada parasit atau virus, penyebab penyakit demam berdarah yang tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh Anda mudah merasa lelah dan cepat pegal.

Sakit kepala dan menggigil

Penyebab penyakit demam berdarah telah diketahui dengan baik oleh Anda, namun apakah semua gejala dari penyakit ini telah Anda ketahui?. Salah satu gejala dari penyakit demam berdarah adalah rasa sakit pada kepala yang disertai dengan menggigil. Kedua gejala tersebut merupakan gejala penyakit biasa, yang mana biasa terjadi disaat seseorang tengah melawan suatu penyakit tertentu, tidak terkecuali dengan penyakit demam berdarah. Disaat rasa sakit pada kepala sudah begitu menyiksa atau sudah terjadi dalam waktu yang cukup lama bahkan disertai dengan menggigil, maka segera periksakan diri Anda ke rumah sakit terdekat.

Demam

Demam berdarah memiliki fase demam yang mengecoh, yang mana tidak sedikit pasien demam berdarah terkecoh dan mengira jika penyakit tersebut bukanlah penyakit demam berdarah, melainkan demam biasa atau bahkan gejala dari penyakit tipes. Maka dari itu, disaat Anda mengalami fase demam yang unik atau cukup berbeda dari demam biasa, jangan mengangap hal itu adalah hal biasa, karena bisa jadi itu adalah gejala dari penyakit demam berdarah, untuk lebih aman disarankan untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit dan melakukan berbagai pemeriksaan/tes.

Bintik-bintik kemerahan

Salah satu tanda penting dari penyakit demam berdarah yang membedakannya dengan beberapa penyakit lainnya adalah timbulnya bintik-bintik kemerahan di badan hingga seluruh tubuh. Disaat timbul bintik kemerahan yang cukup banyak dan meluas segera bawa diri Anda ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat, apakah itu penyakit demam berdarah atau bukan.

Buang air dan kerapkali muntah

Keduanya merupakan gejala penyakit yang biasa terjadi pada beberapa penyakit, bukan hanya pada penyakit demam berdarah. Buang air dan muntah yang terjadi secara terus menerus tentunya menandakan jika tubuh sedang berada dalam kondisi tidak sehat atau memburuk. Untuk lebih akurat, dianjurkan agar Anda memeriksakan diri ke dokter, namun jika ini bukanlah disebabkan oleh penyakit demam berdarah, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa teknik pengobatan, yakni dengan mengkonsumsi makanan padat, multivitamin dan hal lainnya.

Penyebab penyakit demam berdarah adalah virus yang dibawa oleh nyamuk, agar Anda terhindar dari gigitan nyamuk pembawa virus tersebut, pastikanlah jika rumah dan lingkungan sekitar, dimana tempat yang selalu Anda kunjungi tampak selalu bersih dan bebas dari nyamuk.

Comments
  1. Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *