Gerakan Senam Untuk Ibu Hamil Muda

Saat hamil pun ibu butuh berolahraga, karena penyakit tidak bisa diprediksikan kapan datangnya. Penyakit dapat ditangkal dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga yang cukup, akan tetapi ibu hamil tidak diizinkan untuk melakukan gerakan olahraga yang berat karena dapat membahayakan kesehatan janin disaat terjadi sebuah guncangan yang kuat.

Senam adalah cabang olahraga yang nampaknya paling aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Senam ibu hamil dapat menjaga kesehatan ibu dan janin, menjaga kekuatan otot sekaligus menguatkannya sehingga disaat hari persalinan tiba, ibu bisa melaluinya dengan lebih mudah dan cepat. Ikutilah beberapa gerakan senam untuk ibu hamil di bawah ini:

Gerakan Senam Untuk Ibu Hamil Muda

gerakan-senam-untuk-ibu-hamil-muda

Push up

Puhs up yang dilakukan disaat Anda sedang mempraktekkan gerakan senam untuk ibu hamil tentunya berbeda dengan push up biasanya. Push up ini menggunakan media dinding sebagai alat bantu. Pertama kali, berdirilah searah dengan dinding lantas sandarkan tubuh Anda pada dinding penyangga tersebut dengan memakai tangan sebagai penahannya.

Buka kaki Anda supaya lutut terpisah, lalu posisikan tangan lebih lebar daripada bahu. Dengan perlahan, tekuk siku lalu turunkan dada hingga mencapai dagu dan menyentuh dinding. Jaga posisi punggung sehingga tetap dalam kondisi tegak lurus. Lakukan garakan push up pada dinding sebanyak 15 kali.

Squat dengan memakai bola fitness

Gerakan senam ibu hamil yang selanjutnya adalag squat dengan memakai bola fitness. Squat disaat persalinan dimana posisi kaki membuka, yang mana akan membuat panggul terbuka dengan lebih mudah dan memungkinakan terciptanya ruang yang jauh lebih lebar yang mana diperlukan oleh bayi untuk turun dan keluar.

Berlatih squat dengan menggunakan bola fitness sebagai alat bantu akan memudahkan Anda untuk melakukan persalinan. Awali gerakan dengan berdiri tegak dengan meletakkan bola fitness di punggung dan tempelkan tubuh bagian belakang yang menyangga bola pada dinding, lalu buka kaki Anda selebar dengan bahu, bergeserlah ke bawah hingga menyentuh lutut hingga 90 derajat dengan posisi tumit yang berada tepat menempel dengan ubin.

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk menekukkan lutut hingga 90 derajat, maka Anda cukup hanya bergeser serendah atau sebisa Anda kemudian kembalilah ke posisi semula, lakukan gerakan squat ini sebanyak 10 kali.

Mengangkat kaki

Senam ibu hamil muda yang mungkin bisa Anda coba adalah mengangkat kaki. Senam ini akan membantu memperkuat punggung serta otot pada perut.

Posisikan tubuh Anda dengan menggunakan tangan serta lutut sebagai penahan berat badan Anda, jaga selalu supaya tangan tetap tegak lurus. Angkat kaki kanan Anda kemudian luruskan ke arah belakang tubuh, sejajarkan kaki dengan lantai. Lakukan gerakan mengangkat kaki sebanyak 10 kali, secara bergantian.

Step up

Untuk mencoba gerakan senam ini Anda membutuhkan alat bantu yang mana akan dipakai sebagai pijakan. Atau, Anda hanya perlu berdiri tepat di depan tangga. Apabila dirasa perlu, Anda dapat memposisikan diri dekat sekali dengan dinding atau lakukan pegangan pada tangga supaya lebih aman.

Langkahkan kaki kanan Anda ke tangga setelah itu angkat badan mengikuti gerakan kaki, ulangi terus gerakan tersebut sebanyak yang Anda mampu.

Senam ibu hamil akan membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda sehingga Anda tidak mudah sakit dan lemah selama masa kehamilan, melakukan senam untuk para wanita hamil akan sangat membantu mereka, terutama disaat proses persalinan berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *