Gejala Penyebab Ciri – Ciri Serta Pencegahan Kanker Serviks

Dahulu edukasi dan pengenalan seputar kanker serviks hanya ala kadarnya, namun saat ini pengenalan tentang penyakit ini sudah lebih banyak dan menuai banyak perhatian, terutama oleh para wanita sebagai satu satunya kandidat yang akan menderita penyakit berbahaya dan mematikan ini.

Pengenalan mengenai penyakit yang disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV) ini telah dilakukan di beberapa negara maju dan negara berkembang.

Gejala dan Ciri – Ciri Kanker Serviks

gejala-penyebab-ciri-ciri-kanker-serviks

Gejala kanker serviks kadangkala menuai banyak kesalahpahaman oleh wanita, mereka menganggap jika rasa nyeri yang biasa dirasakan merupakan akibat dari menstruasi maupun ovulasi. Hal inilah yang kemudian menjadi tolak ukur kegagalan akan penyampaian informasi yang mana mengakibatkan beberapa wanita yang telah terkena HPV tidak mengetahuinya, mereka baru mengetahuinya disaat kanker sudah masuk ke stadium lanjutan.

Walaupun kenyataan yang seringkali terjadi seperti itu, ada beberapa gejala yang harus Anda ketahui tentang penyakit ini, diantaranya:

1. Pendarahan yang tidak normal. Mereka yang mengidap penyakit ini akan mengalami pendarahan yang tidak normal di daerah kewanitaan, pendarahan ini akan terjadi selama satu bulan, baik itu parah atau pun hanya sedikit.

2. Keputihan yang terlalu berlebihan. Setiap wanita memiliki keluhan keputihan yang berbeda, ada yang mengalami keputihan berlendir tebal atau berbau tidak sedap. Disaat Anda menemukan keputihan yang tidak biasa, periksakan diri Anda ke dokter ahli kandungan.

3. Nyeri pada panggul bisa saja terjadi disaat seorang wanita tengah menstruasi dan itu merupakan sesuatu hal yang normal, akan tetapi waspadalah jika Anda merasakan nyeri pada panggul disaat lainnya. Pasien penyakit ini biasa mengeluhkan sakit panggul selama beberapa jam, rasa sakitnya bisa sangat tajam, sangat parah atau ringan.

4. Nyeri disaat buang air kecil merupakan ciri-ciri kanker serviks lainnya yang akan ditunjukkan oleh pasien yang telah lama menderita penyakit ini, penyebaran sel kanker telah menyebar ke kandung kemih.

5. Pendarahan yang terjadi disaat tidak menstruasi. Pendarahan yang terjadi setelah melakukan hubungan suami istri diindikasikan juga sebagai gejala dari penyakit kanker mulut rahim.

Penyebab Kanker Serviks

Human papilloma virus adalah penyebab kanker serviks, namun penyebab kematian pada pasien adalah HPV tipe 16 dan HPV tipe 18. Virus ini mudah bergerak dan berpindah maupun menyebar, bukan hanya melalui cairan saja, tapi juga berpindah tempat melalui sentuhan kulit.

Penggunaan WC umum yang tidak bersih dan higienis dan terkena HPV dapat menjangkit seseorang yang secara langsung menggunakannya tanpa membersihkan terlebih dahulu dengan baik. Gaya hidup tidak sehat juga memberikan banyak andil, seperti kebiasaan merokok, minum minuman alkohol dan kekurangan asupan vitaminnC dan vitamin E.

Pencegahan Kanker Serviks

Beberapa orang memercayai jika kanker ini tidak bisa dicegah dengan begitu mudahnya, padahal ada beberapa cara yang mampu mencegah pertumbuhan dan perkembangan kanker, seperti di bawah ini:

1. Lakukan tes papsmear secara rutin. Dengan melakukan tes ini, Anda akan mengetahui seberapa besar risiko yang Anda punya untuk memiliki penyakit ini. Selain itu, melakukan tes papsmear secara rutin membuat Anda lebih waspada dan tahu disaat ada sel kanker dan bisa menanganinya sejak awal.

2. Vaksin HPV. Ini merupakan tindakan pencegahan yang cukup baik dan terefektif untuk dilakukan, imbangi dengan selalu menjaga kesehatan diri dan tubuh Anda.

3. Tidak aktif melakukan hubungan suami istri di usia muda. Menurut penelitian, wanita yang dahulunya aktif melakukan hubungan suamu istri berisiko lebih tinggi untuk terkena kanker serviks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *