Gejala Kanker Usus Besar dan Usus 12 Jari

Apa pun jenis kanker yang Anda derita, secara keseluruhan semuanya berpotensi sebagai pembunuh terkejam. Kanker usus dapat menjadi penyakit mematikan yang mencabut nyawa ratusan orang di setiap tahunnya. Kanker usus atau kanker kolorektal merupakan jenis kanker mematikan yang cukup mudah untuk dirasakan dan dikenali.

Gejala kanker usus biasa ditandai dengan pendarahan yang terjadi secara mendadak dan meninggalkan bekas kasat mata di celana maupun alas tempat duduk. Silahkan simak penjelasan menarik mengenai kanker usus besar dan kanker usus 12 jari di bawah ini:

Gejala Kanker Usus Besar

gejala-kanker-usus-besar-12-jari

Kanker ini bukanlah sebuah penyakit kanker yang diturunkan dari silsilah keluarga terdahulu. Karena 80% pasien positif mengidap penyakit kanker usus besar tidak pernah memiliki riwayat kanker di silsilah keluarganya. Namun, jika ada riwayat keluarga, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan lebih sadar diri untuk menjaga kesehatan.

Pada stadium awal tidak ditemukan gejala kanker usus besar, gejala kanker akan muncul dan terlihat setelah pasien mengidap kanker usus besar pada stadium lanjut yang dapat dilihat dengan memerhatikan perubahan bentuk serta konsistensi feses, feses disaat buang air besar dapat terlihat begitu merah atau justru berwarna gelap, terlalu lama mengalami sembelit maupun diare sampai 6 pekan lamanya.

Dengan deteksi dini setelah merasakan dan melihat gejala yang timbul dari penyakit ini, pasien kanker usus besar memiliki kualitas hidup lebih baik karena telah tersedia beberapa pilihan terapi untuk menyembuhkan kanker usus besar stadium lanjut. Berhenti untuk mengkonsumsi makanan yang rendah akan kandungan serat untuk mengurangi risiko kanker usus besar.

Gejala Kanker Usus 12 Jari

Kanker ini dapat merupakan sejenis tumor primer atau dapat juga disebut sebagai tumor sekunder, yakni suatu tumor yang timbul dari tumor ganas yang berasal dari organ di sekitarnya yang kemudian menyerang secara langsung usus 12 jari, sama saja seperti tumor di saluran empedu, lambung, pankreas dsb.

Kasus kanker usus 12 jari sebenarnya jarang ditemui, penyakit ini biasa menyerang siapa saja yang berusia 50-70 tahun, meskipun dalam catatan lebih banyak tercantum nama pasien pria dibandingkan dengan wanita. Gejala kanker usus 12 jari biasa ditandai dengan:

a. Nyeri. Rasa tidak nyaman pada epigastrium dan tidak akan mereda meskipun Anda sudah makan, rasa sakit atau pegal ini bisa menyebar sampai ke punggung.

b. Anoreksia, biasa mual dan memuntahkan makanan. Terjadi karena tumor secara bertahap terus mengalami peningkatan di bagian usus yang mana menyebabkan terjadinya obstruksi usus 12 jari sebagian atau secara menyeluruh.

c. Anemia. Terjadi pendarahan kronis, terdapat darah pada tinja, atau tinja yang berwarna gelap pekat. Risiko terjadinya penurunan berat badan secara mendadak karena progress pengobatan yang tidak efektif.

d. Jika dicurigai telah timbul beberapa gejala kanker usus stadium awal yang menyerang usus 12 jari, segera pergi ke rumah sakit dan lakukan pemeriksaan kesehatan.

Mengenal dan memahami kedua gejala kanker usus, baik usus besar maupun usus 12 jari merupakan pilihan yang cerdas, setidaknya meski Anda tidak berkecimpung di dunia kesehatan secara langsung, Anda tidak buta akan konsistensi dari penyakit kanker usus yang bisa menyerang Anda atau anggota keluarga kapan saja.

Bila Anda merasakan ketidaknyamanan akan sesuatu, terutama yang berhubungan erat dengan sistem pembuangan, segera lakukan pemeriksaan karena bisa saja diare yang seringkali Anda alamu merupakan oertanda adanya pertumbuhan kanker usus pada tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *