Gejala Kanker Otak Stadium Awal , 2 , 3 , 4

Gejala kanker otak seringkali tidak bisa dideteksi sejak awal pertumbuhan sel kanker dan masa perkembangannya. Pasien yang mengidap kanker terkadang baru mengetahui jika dirinya mengidap penyakit mematikan ini disaat stadium pertengahan atau stadium akhir dengan kata lain penyebaran sel kanker telah mencapai tahap yang mengkhawatirkan dan membahayakan pasien.

Pengenalan dan pemahaman akan gejala dari penyakit kanker tidak didapatkan di bangku sekolah, mereka yang memahami mengenai penyakit ini dari dasarnya hanyalah beberapa kelompok orang, mulai dari kelompok dokter, mereka yang berkecimpung langsung dalam dunia kesehatan (mahasiswa kedokteran, mereka yang mempelajari ilmu biologi dsb) dan beberapa kelompok orang yang suka membaca atau menyimak informasi baru, khususnya dalam ilmu kesehatan.

Penyebaran informasi yang minim ini menyebabkan hampir seluruh pasien kanker tidak mendapatkan pertolongan sejak dini, terutama mereka yang hidup di kelas menengah ke bawah.

gejala-kanker-otak-stadium-awal-2-3-4

Gejala Kanker Otak Stadium Awal

Otak merupakan salah satu bagian dari kelompok organ vital yang patut untuk dijaga kesehatannya karena disaat otak mengalami gangguan, fungsi organ lainnya ikut mengalami penurunan. Kanker otak mengakibatkan kematian dan tidak mengenal umur ketika menyerang, siapa saja , mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bisa mengidap penyakit kanker.

Dibutuhkan deteksi sejak dini sehingga penyakit kanker bisa ditangani lebih cepat, deteksi dini dapat meningkatkan kualitas dan harapan hidup dari pasien kanker. Pentingnya mendeteksi gejala kanker otak stadium awal harus disosialisasikan sehingga perkembangan sel kanker bisa ditekan dan selanjutnya bisa dihilangkan. Berikut ini beberapa gejala yang akan Anda temukan pada pasien pengidap penyakit kanker ota, sejak stadium awal sampai stadium akhir:

Seringkali mengalami sakit kepala

Otak terletak di dalam kepala sehingga tidak aneh rasanya jika Anda sesekali merasa sakit kepala, mungkin karena lelah atau pun stres, akan tetapi, sakit kepala yang terjadi setiap hari merupakan hal yang tidak normal dan bisa berujung pada tanda awal seseorang mengidap penyakit kanker otak. Sakit kepala ini terjadi secara berkala dan mendadak, akan terus berkelanjutan dan tidak berhenti.

Sulit berjalan karena tubuh terasa lemas

Mereka yang mengidap kanker otak biasanya tidak bisa melakukan pekerjaan berat yang melelahkan tubuh, Ketidakseimbangan metabolisme tubuh membuat suplai energi yang harusnya seimbang menjadi tak seimbang. Sehingga pasien kanker sulit untuk bergerak meski hanya berjalan.

Gejala Kanker Otak Stadium 2

Pasien akan sering mual karena kinerja otak yang bekerja secara tidak normal. Ketidakseimbangan metabolisme juga memengaruhinya. Perlunya diperhatikan lebih lanjut akan gejala kanker otak stadium 2.

Gejala Kanker Otak Stadium 3

Gejala kanker otak stadium 3 bisa juga ditunjukkan disaat pasien kanker otak mulai merasakan gangguan pada beberapa indera, dimulai dengan ganggu pada indera penciuman, pendengaran bahkan penglihatan, pasien juga akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi akan suatu hal.

Gejala Kanker Otak Stadium 4

Gejala kanker otak stadium 4 yang cukup kronis akan menyebabkan pasien mengalami kehilangan rangsangan rasa, terutama pada tangan dan kaki. Disebabkan organ syaraf pusat yang mengalami gangguan karena terdapat beberapa sel kanker. Bisa juga dilanjutkan dengan kelumpuhan pada tubuh dan wajah dan merasakan kantuk berlebihan yang berkelanjutan disertai dengan berhentinya siklus haid pada wanita.

Gejala kanker otak mungkin sulit untuk dideteksi sejak dini, maka dari itu diperlukan upaya pencegahan dengan cara rutin melakukan medical check up ke rumah sakit, setidaknya untuk mengurangi risiko terkena penyakit mematikan, seperti kanker otak.

Comments
  1. rocky
  2. Maulana
  3. husna
  4. Muhammad.aldair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *