Ciri-Ciri , Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kanker Usus Besar

Terdapat begitu banyak jenis penyakit di muka bumi ini, termasuk penyakit kanker yang mana memiliki peringkat kedua di Amerika Serikat. Penyakit kanker disebabkan karena banyak faktor, termasuk faktor genetika. Agar Anda lebih waspada terhadap penyakit ini, alangkah baiknya bila Anda mengetahui serta memahami gejala kanker usus besar.

Kanker usus besar membuat perut Anda merasa tidak nyaman, ditandai dengan perubahan bentuk dan warna feses yang cenderung tidak normal bahkan mengeluarkan darah. Simak beberapa tanda positif seseorang mengidap kanker usus besar, di bawah ini:

Penyebab dan Ciri – Ciri Kanker Usus Besar

Penurunan berat badan secara berlebihan

Disaat seseorang mengalami penurunan berat badan secara berlebihan bukan karena keinginannya melainkan karena masalah kesehatan yang dialaminya, kemungkinan besar ia terkena kanker sangatlah besar, tidak terkecuali kanker usus besar. Waspada jika secara tiba-tiba, selama beberapa minggu Anda kehilangan berat badan yang cukup banyak, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk melihat diagnosa penyakit yang benar, apakah Anda memang memiliki masalah kesehatan yang berat atau tidak.

gejala-kanker-usus-besar

Bentuk feses dan warnanya

Disaat buang air besar warna feses Anda tampak kemerahan bahkan gelap, disertai dengan sembelit atau diare yang terjadi selama 6 minggu. Aktivitas ini tentunya menandakan jika kondisi tubuh Anda sedang bermasalah.

Perut kembung

Anda akan merasakan perut tetap kembung padahal beberapa menit yang lalu Anda baru saja selesai buang air besar, perut kembung yang Anda alami bisa jadi adalah ciri ciri kanker usus besar.

Penyebab kanker usus besar

Kanker usus besar tidak hanya disebabkan oleh faktor keturunan saja, masih ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang yang sehat walafiat menjadi sakit dan mengidap kanker usus besar, diantaranya adalah:

Faktor usia

Usia merupakan faktor utama yang menentukan seseorang positif mengidap kanker usus besar meskipun tidak secara otomatis. Mereka yang berusia di atas 40 tahun, 1 dari 4 orang diantaranya akan memiliki polip yang mampu memicu peningkatan penyakit kanker.

Faktor lingkungan dan makanan

Makanan yang Anda konsumsi tidak pernah jauh dari makanan tinggi lemak yang tentunya mampu menyebabkan kanker usus besar, selain itu mengkonsumsi makanan yang rendah kandungan seratnya juga berisiko sama besarnya mengidap kanker usus besar. Lingkungan di mana Anda tumbuh, bekerja dan menghabiskan hidup juga berpengaruh akan kondisi kesehatan usus besar Anda.

Obesitas

Mereka yang mengalami kegemukan berisiko lebih tinggi mengalami penyakit kanker usus besar, maka dari itu, jaga selalu berat badan Anda, usahakan agar berat badan Anda berada dalam angka normal atau ideal, artinya tidak kurang bahkan kelebihan berat badan. Dibutuhkan upaya dan displin tinggi untuk menurunkan berat badan. Namun, itu lebih baik daripada Anda mengidap penyakit kanker usus besar di kemudian hari. Bukankah mencegah lebih bagus daripada mengobatinya.

Pengobatan kanker usus besar

Usus besar dapat diobati dengan bantuan medis, meskipun tidak mengobati kanker sebanyak 100%, setidaknya angka harapan hidup bisa bertambah. Namun, jika Anda bisa mencegah penyakit tersebut mengapa Anda tidak mulai melakukannya. Konsumsi kedelai, dan daging ayam disaat remaja dengan takaran seimbang akan membantu mencegah atau menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker usus besar.

Gejala kanker usus besar sebenarnya mudah untuk ditemukan, namun sayangnya gejala itu muncul disaat kanker usus besar telah memasuki stadium lanjutan dan tidak sedikit orang yang menganggap jika gejala yang dialaminya bukanlah gejala dari kanker usus besar melainkan karena masalah kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *