Ciri – Ciri Penyakit Kanker Otak

Kanker otak adalah tumor ganas yang berkembang semakin pesat di sel otak, pertumbuhan sel kanker bisa berasal dari sel otak itu sendiri (primary brain cancer) atau berasal dari organ lain yang sudah tercemar dan ditumbuhi sel kanker yang kemudian menyebar ke otak atau disebut juga dengan (secondary/metastasis brain cancer).

Ada beberapa jenis kanker otak yang sudah diketahui, diantaranya adalah glioma, pituitary adenoma, meningioma, vestibular schwannoma serta medulloblastoma. Karakter kanker otak lebih istimewa dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, karena kanker otak jarang menyebar ke jaringan lainnya dan merusak jaringan lainnya sehingga penggolongan dan ciri-ciri penyakit kanker otak berdasarkan dari kecepatan pertumbuhan sel kanker.

Tanda – Tanda Kanker Otak

ciri-ciri-penyakit-kanker-otak

Primary brain cancer dapat disebabkan karena adanya perubahan struktur Deoxyribo Nucleid Acid (DNA) yang kemudian menyebabkan pertumbuhan sel kanker tidak bisa dikendalikan seperti biasanya, perubahan DNA tidak dapat diketahui secara pasti, akan tetapi perubahan DNA diduga terjadi karena beberapa faktor yang menyertai, yakni karena radiasi, infeksi dari suatu virus dan asap rokok.

Sedangkan secondary brain cancer dapat disebabkan karena pertumbuhan sel kanker di dalam jaringan lainnya yang kemudian menyebar hingga mencapai ke otak. Kanker payudara, kanker ginjal, kanker paru-paru dan kanker usus merupakan beberapa jenis kanker yang dapat memicu munculnya kanker otak.

Setiap stadium kanker otak memiliki ciri-ciri yang berbeda, semakin tinggi stadium kanker maka semakin banyak juga tanda-tanda kanker otak yang akan ditunjukkan. Inilah beberapa gejala yang akan muncul disaat seseorang terkena penyakit kanker otak:

1. Sakit kepala merupakan penyakit ringan hingga cukup berat yang seringkali terjadi disaat seseorang terlalu stres atau memikirkan sesuatu, sakit kepala biasa akan sembuh setelah beberapa saat Anda beristirahat. Bedanya, antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala gejala kanker otak adalah sakit kepala terjadi secara berkala dan semakin lama rasa sakit yang ditimbulkan justru semakin parah.

2. Mual disusul dengan muntah merupakan hal yang biasa terjadi disaat Anda melihat sesuatu yang menjijikkan atau mencium aroma yang tidak sedap, namun mual dan muntah yang seringkali Anda alami tidak memiliki penyebab. Anda mual dan muntah karena tubuh menginginkannya.

3. Gangguan penglihatan bisa saja terjadi disaat Anda banyak melakukan berbagai aktivitas yang membuat kualitas mata menurun. Namun gangguan penglihatan yang terjadi disaat Anda sedang berada dalam kondisi sehat, patut sekali untuk Anda waspadai.

4. Kaki atau tangan mati rasa merupakan gejala lain yang akan timbul ketika seseorang terkena penyakit ini. Anda akan merasa kaku pada organ tertentu, terutama pada kaki dan tangan.

5. Mudah lupa bukanlah karakter Anda. Sebenarnya Anda merupakan individu yang sangat rapi dan tahu menempatkan segala sesuatu. Namun, penyebaran sel kanker dapat membuat seseorang yang rapi dan memiliki daya ingat tinggi menjadi kebalikannya, yakni pelupa, sifat yang sangat tidak cocok dengan karakter sesungguhnya.

6. Kejang-kejang kerapkali Anda alami, padahal Anda bukanlah penderita epilepsi.

7. Gangguan pendengaran juga bisa terjadi, pendengaran jadi tidak setajam dahulu.

Ciri-ciri penyakit kanker otak sebaiknya Anda pahami sejak sekarang, terutama bagi Anda yang berpeluang tinggi mengalami penyakit mematikan ini. Gejala kanker otak sebenarnya tidak mudah diprediksi sehingga dibutuhkan kesadaran akan kesehatan diri Anda sendiri untuk mengetahuinya sejak awal.

Karena mengobati kanker otak stadium lanjut lebih sulit dibandingkan dengan mencegah dan mengobati kanker otak stadium awal.

Comments
  1. risha fitria
  2. Lia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *