Ciri-Ciri, Gejala dan Penyebab Kanker Rongga Mulut

Kanker mulut atau bisa disebut juga dengan oral cencer merupakan sejenis kanker yang hidup dan tumbuh berkembang di sekitar mulut. Kanker ini dapat bertahan dan berkembang di dalam setiap bagian orofaring atau bagian rongga mulut.

Kebanyakan kasus oral cancer dimulai di bagian lidah atau di dasar mulut. Karena hampir semua oral cancer dimulai di dalam sel skuasoma yang membuat permukaan mulut, bibir dan lidah tertutupi. Jenis kanker ini dikenal dengan nama karsinoma sel skuasoma.

Gejala dan Ciri – Ciri Kanker Rongga Mulut

Gejala kanker mulut dapat dideteksi dari berbagai komponen tidak normal yang terjadi pada mulut, baik itu adanya pembengkakan di daerah mulut, pendarahan yang tiba-tiba tanpa alasan pasti, secara otomatis munculnya rasa sakit di daerah yang ditumbuhi oleh sel kanker, perubahan pada warna suara yang secara mendadak terdengar lebih serak, merasa kesulitan disaat akan mengunyah, menelan atau bahkan berbicara. Selain gejala tersebut, masih banyak gejala lainnya yang tidak kalah penting untuk diketahui, diantaranya:

penyakit-kanker-mulut

– Terdapat luka pada wajah, leher maupum sariawan. Luka pada wajah serta leher biasanya akan sembuh selama beberapa hari dengan menggunakan obat luar, namun disaat luka atau sariawan yang Anda alami tidak juga sembuh selama berminggu-minggu segera periksa kesehatan mulut Anda ke dokter, karena bisa jadi ada sel kanker yang tumbuh dan berkembang di sana.

– Gusi dan bibir membengkak mungkin pernah Anda alami dan akan sembuh setelah Anda mengkonsumsi obat atau menggunakan obat herbal sebagai metode penyembuhan. Lantas bagaimana jika gusi dan bibir Anda tidak juga mengempes setelah pemberian obat tersebut. Periksakan diri ke rumah sakit bila Anda menemukan adanya benjolan di gusi, bibir atau daerah lain di dalam rongga mulut.

– Bercak putih/merah yang terdeteksi di dalam mulut merupakan ciri-ciri kanker mulut.

– Terjadi pendarahan pada gusi secara berkelanjutan dan tidak mudah pulih. Adanya luka di dalam mulut juga patut diwaspadai. Ketika pendarahan sudah tidak bisa diatasi dengan pengobatan sederhana dan benar-benar mengganggu, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat.

– Rasa kebal dan gigi yang selalu goyang tanpa alasan jelas. Apakah Anda pernah merasa kebal, khususnya di daerah leher dan wajah? Atau Anda pernah merasakan jika gigi Anda selalu goyang tanpa alasan pasti, keduanya merupakan gejala dari kanker rongga mulut. Selain kedua hal tersebut, ada 2 gejala lainnya yang berhubungan dengan oral cancer, kemungkinan besar Anda kehilangan gigi lebih tinggi dan Anda terus mengalami kesulitan untuk memakai gigi palsu.

Timbulnya kanker di mulut memang disebabkan karena pertumbuhan sel kanker yang intens sehingga membuat jaringan si sekitarnya, baik di kepala maupun di leher terganggu.

Penyebab Penyakit Kanker Mulut

Pada dasarnya, sel normal memiliki sebuah siklus untuk hidup dan mati, namun uniknya hal itu tidak akan terjadi pada sel kanker yang menyebabkan seseorang mengidap oral cancer. Sel terus bermutasi lalu menyebar dan menyerang organ yang berada di sekitarnya sehingga menyebabkan suatu keadaan yang tidak normal di dalam mulut.

Penyebab kanker mulut bisa diminimalisir jika Anda berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol, genetika, merokok atau menginang.

Untuk mencegah pertumbuhan sel kanker mulut, lakukanlah 4 pemeriksaan. Keempat pemeriksaan ini dapat melihat apakah ada sel kanker di dalam mulut atau sudahkah sel kanker di dalam mulut menyebar. Diantaranya ada pemeriksaan dengan melakukan rontgen gigi, CT scan, MRI dan rontgen dada.

Comments
    • admin
  1. maee
  2. Selly Novia
    • admin
    • onetheo
      • admin
  3. Nisa
    • admin
  4. ana
    • admin
  5. ahmad al amin
    • admin
  6. wulan
    • admin
  7. ridha
    • admin
  8. ria
  9. Aisah Akbar
  10. Charwin
  11. Charwin
  12. komang
  13. Bagas
  14. Fitriany
  15. rara
  16. Hernawati Herna
  17. weny atika sari
  18. Khairunnisa
  19. nur
    • admin
  20. Dimas
  21. aldi
  22. resti a
  23. dewi elisa
  24. riya
  25. Nabilah jasmine yusnita
  26. saamah
  27. Ronie
  28. Mazda N
  29. Roikh
  30. Izatun nisa
    • admin
  31. Dinda
    • admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *