Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Otak Stadium 4

Pertumbuhan kanker otak pada stadium awal masih tergolong tidak serius dan hanya membutuhkan perawatan atau pengobatan mudah karena pertumbuhan sel kanker pada stadium awal masih lemah bahkan beberapa sel kanker masih bekerja dengan normal seperti sel kanker lainnya. Namun pada kanker otak stadium 4, pertumbuhan sel kanker sudah jauh lebih ganas dan agresif, pada tingkatan ini, pengobatan kanker otak akan cukup sulit untuk dilakukan, tapi bukan berarti tidak bisa diobati.

Ukuran dan luasnya wilayah penyebaran sel kanker sudah juah dari kata normal bahkan dapat menjangkau jaringan lain yang berada di sekitarnya. Sama dengan jenis kanker lainnya, kanker otak termasuk jenis kanker yang sangat berbahaya dan mematikan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti, telah terbukti jika 50% kasus kanker otak yang ada berakhir dengan tragis, artinya pasien tidak dapat bertahan lagi.

Ciri Ciri Kanker Otak Stadium 4

kanker-otak-stadium-4

Kanker otak pada tingkatan akhir ini akan menunjukkan ciri ciri kanker otak stadium 4 yang lebih banyak dan lebih parah. Pasien akan menjalani hidupnya dengan lebih sulit, bahkan cenderung membutuhkan bantuan dari orang lain untuk melakukan beberapa aktivitas karena ketidakberdayaan yang dialaminya.

Dorongan semangat dari keluarga dan teman terdekat akan sangat membantu memicu semangat hidup pasien karena tidak sedikit pasien kanker yang memutuskan untuk menghentikan pengobatan karena lelah terus menerus melakukan kemoterapi atau prosedur pengobatan lainnya yang rasanya menyakitkan.

Gejala Kanker Otak Stadium 4

Dari semua gejala kanker pada jaringan otak yang pernah Anda alami dan keluhkan pada dokter, Anda akan merasakan beberapa gejala kanker otak stadium 4 di bawah ini:

Penglihatan terganggu

Pasien yang memasuki kanker otak pada tingkatan ketiga, tentu telah merasakan sakit kepala yang begitu intens dan menyiksa dan penurunan fungsi alat gerak, yakni tangan dan kaki. Sedangkan, pada tingkatan keempat, pasien kanker otak akan mengalami suatu penurunan fungsi lagi. Pasien akan merasa jika penglihatannya tidak setajam sebelumnya, disaat melihat satu objek walaupun dengan serius dan penuh konsentrasi, pasien hanya akan melihat dua objek di depannya, artinya satu benda tersebut di mata pasien tampak seperti memiliki bayangan.

Pendengaran terganggu

Selanjutnya, pasien juga akan merasakan jika pendengarannya tidak sebaik dahulu. Pasien akan cenderung merasa kesulitan untuk mendengarkan suara. Apabila, pasien tidak rutin melakukan prosedur pengobatan, tidak menutup kemungkinan jika pasien akan mengalami kebutaan dan tuli di masa yang akan datang. Kebutaan, tuli yang dialami pasien akan dibarengi dengan kelumpuhan, yang mana gejalanya telah timbul sejak pasien mengidap kanker otak pada tingkatan ketiga.

Oleh karena itu, disaat Anda menemukan beberapa gejala kanker, baik itu kanker otak pada tingkatan kedua, ketiga bahkan kanker otak stadium 4, segera ambil tindakan langsung dengan memeriksakan diri ke rumah sakit.

Jangan sampai pertumbuhan sel kanker tidak Anda sadari telah terjadi di dalam tubuh Anda, pantau terus kondisi kesehatan tubuh Anda dengan rutin melakukan medical check up. Check up yang Anda lakukan secara keseluruhan akan mengurangi risiko keterlambatan jika memang ada pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam tubuh Anda. Keterlambatan yang dialami oleh para pasien kanker inilah yang mengakibatkan jumlah pasien kanker otak meninggal semakin meningkat.

Hindari keterlambatan dengan lebih banyak mawas diri, segera kunjungi rumah sakit bila Anda menemukan jika kesehatan tubuh Anda tidak sebaik dahulu karena bisa jadi keluhan kesehatan yant Anda alami berhubungan dengan pertumbuhan sel kanker di jaringan otak atau jaringan tubuh lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *