Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Otak Stadium 3

Kanker otak memiliki beberapa tingkatan, dari stadium 1 yang tidak begitu berbahaya hingga kanker otak stadium 3 yang cenderung bersifat lebih agresif. Pertumbuhan sel kanker jelas, nampak seperti sekelompok sel yang berbeda dari sel lainnya, mereka tumbuh tanpa kendali. Pada tingkatan ini, pertumbuhan sel kanker sudah mulai menyebar ke jaringan di sekitarnya.

Dokter biasanya menyarankan untuk pasien yang mengeluhkan gejala atau ciri fisik dari penyakit ini untuk melakukan tes X-ray atau MRI, tes ini akan menunjukkan gambaran nyata kondisi otak pasien dan melihat kemungkinan adanya pertumbuhan sel kanker di sana, dokter juga akan memberikan informasi sudah sampai stadium berapakah kanker otak yang diderita pasien jika memang dari tes tersebut ditemukan adanya sel kanker.

Ciri ciri dan Gejala kanker otak stadium 3

kanker-otak-stadium-3

Setiap tingkatan kanker otak, tentunya memiliki ciri fisik yang berbeda, mungkin tidak banyak pasien yang menganggap ciri fisik kanker otak di stadium awal adalah ciri ia positif kanker otak, karena pada dasarnya kanker otak adalah penyakit mematikan yang memiliki gejala hampir sama dengan penyakit lainnya.

Membedakan antara gelaja penyakit ringan dengan gejala kanker otak stadium 3, kemungkinan besar akan jauh lebih mudah karena pada tingkatan ini sel kanker sudah mulai melakukan perluasan wilayah di jaringan sekitarnya, sehingga gejala yang akan ditimbulkan jauh lebih banyak.

Gejala yang akan ditimbulkan oleh penyakit ini mungkin akan menipu Anda, jadi dibutuhkan kesadaran diri untuk rutin melakukan serangkaian tes ke rumah sakit. Intip lebih dekat informasi menarik seputar ciri fisik atau gejala dari penyakit kanker otak, khususnya pada stadium 3, di bawah ini:

Sakit kepala hebat

Kanker otak dalam setiap tingkatannya akan selalu diiringi dengan gejala sakit kepala hanya bedanya gejala sakit kepala pada stadium 1 akan jauh lebih ringan dibandingkan dengan gejala sakit kepala pada stadium 3 yang intensitasnya jauh lebih sering dan rasa sakit pada kepala jauh lebih hebat. Sakit kepala akan menyiksa pasien sehingga tidak menutup kemungkinan jika pasien akan terdorong untuk mengkonsumsi obat penahan rasa sakit.

Keluar darah dari hidung

Sakit kepala juga diiringi dengan keluarnya darah di hidung atau yang lebih akrab disebut dengan mimisan, karena rasa sakit pada kepala yang begitu hebatnya, pasien bahkan tidak menyadari jika hidungnya telah mengeluarkan darah. Kondisi ini merupakan gejala fisik yang patut diperiksakan dengan segera ke dokter.

Kaku di bagian kaki dan tangan

Pasien positif mengidap kanker otak di stadium 3, secara perlahan-lahan akan mulai merasakan kaku di bagian kaki maupun tangan. Kaki dan tangan adalah bagian tubuh penggerak yang bekerja atas perintah otak, disaat sel kanker berkuasa atas jaringan otak, secara tidak langsung, kinerja kaki dan tangan akan mengalami penurunan, tangan dan kaki akan sulit sekali untuk digerakkan seperti biasanya.

Keseimbangan tubuh menurun

Karena kaki dan tangan sulit untuk digerakkan dengan baik, secara otomatis keseimbangan tubuh Anda menurun. Anda tidak bisa berdiri dengan kedua kaki Anda tanpa merasa sakit, tubuh akan mulai kehilangan keseimbangan dan Anda akan mudah sekali terjatuh tanpa alasan. Disaat serangan ini terjadi, Anda sudah harus mempersiapkan diri, lebih baik lagi jika ada keluarga yang menemani Anda.

Kanker otak stadium 3 merupakan tingkatan penyakit kanker pada jaringan otak yang sangat dekat dengan tingkatan akhir, cara penanganan yang mungkin akan dianjurkan oleh dokter adalah kemoterapi yang berfungsi untuk menghentikan laju pertumbuhan sel kanker agar tidak semakin menyebar dan memasuki stadium akhir.

Comments
  1. Tegar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *